How to Write Creative Content Blog

Alarmku berbunyi, menandakan waktu sudah menunjukkan jam 1.30 siang. Biasanya… disaat udara lagi terik-teriknya ditambah sedang berpuasa membuat diriku magerbanget untuk keluar rumah. Rasanya lebih enak tidur-tiduran di kamar sambil memeluk si kembar *maklum…emak pemalas* Tapi sayang rasanya jika melewatkan kelas MAM : How to write a Creative Content Blog yang dilaksanakan di salah satu café di kota Makassar.





Setelah galau sejenak karena udara yang sangat panas *pemalas banget yaah hehe* akhirnya saya memutuskan untuk tetap pergi ke acara MAM. Apalagi setelah mengecek keadaan Almira dan Jibran yang masih tertidur nyenyak setelah kecapaian main di halaman. Pikirku,…kapan lagi bisa menambah ilmu gratis sambil ngabuburitdan bertemu dengan blogger-bloggerkece MAM.




Dari tadi saya menyebutkan MAM, mungkin pada berpikir, apaan tuh MAM? Jangan-jangan Lia salah tulis , mau nulis MOM tapi yang ditulis malah MAM? Gak salah juga sih…mirip-mirip kok…karena MAM itu sebenarnya kependekan dari Makunrai Anging Mamiri aka Wanita Anging Mamiri. MAM merupakan komunitas wanita-wanita blogger kece kota Makassar yang ada juga sudah jadi emak-emak seperti saya ini.



Saya sendiri untuk pertama kalinya mengikuti kelas MAM walaupun keinginan untuk menulis blog sudah ada dari dahulu kala. Tapi karena tidak mengerti harus memulai dari mana, belum sayanya termasuk gaptek, sehingga keinginan itu harus terpendam sekian lama. Beruntung saya bertemu dengan teman-teman baru di komunitas MAM yang mau mengajari saya bagaimana memulai kehidupan baru sebagai seorang blogger. Siapatau nantinya pengalaman hidup saya selama 38 tahun bisa menginspirasi dan memberi manfaat untuk seseorang atau bahkan kepada banyak orang *aduh…ketahuan deh umurnya sudah tua X_X * Atau mungkin kedepannya ada yang mau mengendorse saya *wink..wink..Amin yang kencang di dalam hati*



Acara dibuka dengan perkenalan sesama blogger. Ternyata diantara semua yang hadir, hanya saya yang belum mempunyai blog sama sekali *hihi pede banget yaa ikutan kelas blogger tapi belum punya blog* Setelah sesi perkenalan, mba Vita yang menggawangi blog www.vitamasli.com sebagai nara sumber memulai penjelasannya tentang apa sih yang dinamakan Creative Content blog dan bagaimana cara membuatnya. Mba vita mengawali penjelasannya tentang pentingnya sebuah design blog, bagaimana pemakaian huruf dan juga warna akan mempengaruhi tampilan blog kita. Tips dari mba vita yaitu usahakan tampilan blog sesimpel mungkin. Tujuannya untuk memudahkan pembaca membaca tulisan yang ada di blog kita. 





selanjutnya menurut mba vita, creative konten post tidak melulu berisi informasi berupa teks tetapi bisa juga berisi gambar, foto, suara, video yang bisa mendukung isi tulisan sehingga membuat pembaca kita tidak mudah bosan membaca tulisan kita. Iya juga sih yaa…kalau isinya teks semua, nanti dikira penulisan makalah dan bukan blog *wkwkwk…itu kayaknya saya deh yang menulis blog seperti menulis makalah* . Tapi…jangan sampai informasinya tentang apa terus videonya tentang apa. Itu sih jaka sembung bawa golok alias gak nyambung hehe






Alasan lain kenapa kita membutuhkan creative content karena tingginya tingkat mobilitas orang-orang yang menyebabkan mereka banyak menghabiskan waktu di jalan sehingga banyak dari kita yang mencari informasi lewat gadget atau smartphone. Kebayang dong…kalau isinya teks melulu?? Pasti tidak menarik dan bosen banget bacanya. Tapi…dengan tulisan yang menarik dan unik akan memikat pembaca hingga selesai. Siapa tau pembaca tersebut akan share tulisan kita, nambah lagi deh bonusnya



Trus..trus…sudah tau tentang creative konten dan alasan kenapa kita harus membuatnya. Selanjutnya bagaimana sih cara membuatnya? Untuk membuat kreatif konten diperlukan keahlian tersendiri tapi tenang aja karena semuanya bisa dipelajari. Caranya dengan memperbanyak membaca agar diksi bertambah, menambah wawasan dan teman, dan juga mencoba melihat dari sudut pandang yang lain dari sesuatu.



Kita gak usah khawatir kalau belum langsung bisa karena dibutuhkan kesabaran untuk menguasai hal tersebut. Membuat konten kreatif juga tidak bisa asal langsung jadi. Kita harus terus mengolah dan berguru kepada yang ahli. Jangan lupa kalau konten yang dibuat harus sesuai dengan isi tulisan dan juga informasinya akurat.




Setelah mendengarkan semua penjelasan mba vita, saya jadi semakin tercerahkan tentang bagaimana sih membuat tulisan yang berisi konten kreatif sehingga kamu-kamu yang membaca tulisan saya mau membaca hingga habis dan juga menshare tulisan saya 😉



Bagaimana menurut kamu tentang tulisan saya yang ini? Sudah menarik belum? Yuuk komen dibawah ini. Thanks before XOXO

9 Comments

  1. Cara mengatasi WC mampet dengan cepat

    February 6, 2017 at 5:11 am

    saya coba dan hasilnya saya bing heheh maklum gan pemula

    nice pos nya gan ,

  2. Anneke

    October 29, 2016 at 12:16 am

    Sayang banget baru nemu tulisan kayak gini sekarang 🙁 dulu pas kuliah ada tugas dari dosen buat bikin blog. Berhubung step step yg saya search di google itu rempong banget buat bikin blog yg bagus, akhirnya isi blog saya acak adut ambiradul fa jelas isi dan designnya 🙁 coba aku nemu tulisan mbak Lia ini dari dulu. Jadu aku bisa lbh mudah paham gimana caranya bikin blog yg bagus (IG: annekeavrelovey)

  3. abby onety

    September 11, 2016 at 1:59 am

    Sayang sekali di kelas MAM kali ini sy tak bisa hadir

  4. Lia Double Wonder

    August 25, 2016 at 10:41 am

    Setuju mak.mungkin kl dipercantik lg dgn foto dsbnya makin OK yaa

  5. Lia Double Wonder

    August 25, 2016 at 10:41 am

    Setuju mak.mungkin kl dipercantik lg dgn foto dsbnya makin OK yaa

  6. Sandra Buana Sari

    August 25, 2016 at 6:39 am

    Hihihihi aku ngga pernah kepikiran nih kreatif konten, menurut aku semua konten blog paling bagus itu yg dari hati #eeeaaaa *saran ngga bener*

  7. Lia Double Wonder

    August 15, 2016 at 7:21 am

    wahh ternyata ada comment dari kak unga. maaf baru nyadar….tenyu masukannya kak 🙂

  8. Bunga Tongeng Andi

    July 2, 2016 at 2:50 pm

    Tulisannya Lia, kemajuannya pesat. Sudah bisa identifikasi mana yang harus diketik miring. Penggunaan imbuhan ke- di- nya pun, sudah oke. Mantap!

Leave a Reply