20 years of Friendship

20 years Friendship and still counting…
Sudah 20 tahun semenjak saya memasuki bangku kuliah dan rasanya masih seperti kemarin *ketahuan deh umurnya berapa wkakaka…. Saya berkuliah di salah satu universitas katolik terkenal di kota Bandung. Jurusan yang saya ambil yaitu ilmu sipil. Seperti jurusan ilmu sipil pada umumnya, wanita di jurusan ilmu sipil di kampus sayapun terhitung sedikit. Bisa dibilang perbandingannya 1:3. Setiap ada 3 pria baru ada 1 wanita yang masuk di jurusan saya. Hanya ada sekitar 45 wanita diantara 216 orang mahasiswa/mahasiswi yang masuk.
Namun diantara sedikitnya wanita-wanita itulah, saya menemukan sebuah persahabatan yang membantu saya untuk terus tumbuh dan berkembang menjadi Lia seperti sekarang. Kami semua ada 15 orang di dalam satu gank *cieee…yang punya gank . Awal perkenalan kami tidak ada yang sama karena tidak semua datang dari SMA yang sama. Sebagian dari kami bahkan berasal dari luar kota



Saya, Lunny dan Leon sudah saling mengenal karena kami berasal dari SMA yang sama. Begitupun Ine dan Imeu yang berasal dari SMA yang sama. Ade, Hani, dan Nieke berasal dari Bandung tetapi SMA yang berbeda-beda. Sedangkan Achie, Fittry, Vidi, Nita, Ika, Vita dan Ime berasal dari luar Bandung. Awal perkenalan kami dimulai dari pendaftaran ulang kuliah, dilanjutkan dengan penataran P4 *bener gak yaa P4? Secara sudah 20tahun yang lalu hehehe* dilanjutkan dengan ospek Fakultas dan dipererat dengan ospek jurusan.
Karakter kamipun berbeda-beda tetapi kami bisa saling mengerti satu sama yang lain. Semakin lama berteman semakin klop hubungan diantara kami. Kami seperti medan magnet yang secara otomatis menarik satu sama yang lain. Selalu ada waktu yang dihabiskan bersama walaupun kami mempunyai jadwal kuliah yang berbeda-beda. Segala masalah seperti teman, kuliah, jatuh cinta, putus dan berbagai masalah lainnya selalu kami ceritakan dan selesaikan bersama.
Waktupun terus berlanjut…Beberapa dari kami bisa menyelesaikan kuliahnya tepat waktu dan lulus untuk kemudian bekerja di berbagai bidang. Beberapa diantaranya masih tinggal dan betah jadi anak kuliahan. Kami tetap berhubungan satu sama yang lain setelah lulus kuliah walaupun tidak seintens seperti masa kuliah. Kesibukan dan jarak yang memisahkan menjadi salah satu alasan kurangnya komunikasi yang terjalin. Maklum saja…banyak diantara kami yang sudah tidak tinggal di kota Bandung. Setiap pertemuan terasa sangat berarti karena terbatasnya waktu yang kami miliki.

Bersyukur kemudian ada social media seperti facebook dan whatsapp sehingga mempermudah kami untuk terus berkomunikasi dan dapat merajut kembali persahabatan seperti dahulu kala. Setelah 2 dekade berteman, Kami akhirnya memutuskan untuk meluangkan waktu khusus untuk bertemu secara lengkap.
Awalnya agak sulit menentukan waktu yang pas karena masing-masing memiliki kesibukan. Namun kami akhirnya sepakat untuk bertemu saat kepulangan Vidi ke Indonesia. Kebetulan Vidi sudah lama bekerja di Jerman sehingga sangat jarang dia bisa kembali ke Indonesia. Semakin dekat waktu yang ditetapkan, semakin deg-degan rasanya. Ada rasa khawatir kalau pas hari H ternyata ada halangan yang tidak bisa ditinggal sehingga salah satu dari kami tidak bisa datang. Dan benar saja, Nieke tidak bisa hadir karena ada acara penting sehingga tersisa 14 orang saja.
Di hari H, Teman-teman yang dari luar kota sudah berangkat dari subuh agar bisa tiba di Jakarta sepagi mungkin. Rasanya sangat excited dapat berkumpul hampir full team setelah berpisah sekian lamanya. Tak lupa masing-masing membawa makanan khas dari kotanya untuk potluck. 9 jam berlalu dan rasanya masih tidak cukup. Begitu banyak cerita yang masih ingin di ceritakan dan juga masa lalu yang ingin dikenang. Setiap hari ngobrol di whatsapp group rasanya tak cukup. Ingin rasanya menghabiskan waktu yang lebih lama tapi apa daya….kewajiban utama sudah memanggil. Kami semua harus pulang ke rumah.


Ada quote yang mengatakan “Persahabatan yang telah melewati 7 tahun akan bertahan seumur hidup” dan kami sudah membuktikan ucapan itu. Persahabatan yang terjalin diantara kami sudah melewati usia dimana kami pertama kali bertemu yaitu usia 18 tahun. Semoga persahabatan kami masih akan terus bertahan untuk 20 tahun kedepan dan 20 tahun kemudian kami masih bisa remake foto seperti sekarang ini.
Bagaimana pendapat kamu? Apa yang berubah dari foto diatas setelah 15 tahun?
  1. Zilqiah Angraini

    September 5, 2016 at 12:42 am

    woow kak 20 tahuuunnnnn with the genk nyaaaa
    rekor memang kak Lia dkk
    seruuu kompak semuaaa

  2. ratna rahmat

    September 5, 2016 at 3:49 am

    waktu mungkin bisa merubah segala….tapi tidak dengan senyuman
    ahh semoga awet pertemanannya…menyenagkan memang bisa tetap menjaga komunikasi meski jarang bertemu

  3. Sandra Buana Sari

    September 5, 2016 at 5:28 am

    Pertemanan emang selalu bikin hati meleleh & adem, apalagi kalau udah cocok ya mak 🙂

  4. liadjabir

    September 7, 2016 at 3:11 am

    Amiiin…amiiin…bener…komunikasi hrs slalu dijaga

  5. liadjabir

    September 7, 2016 at 3:12 am

    Iyaa mak…nemu Temen yg cocok itu berharga bgt

  6. nanie

    September 8, 2016 at 9:09 am

    waw 20 tahun! Btw kak Lia, nda berubah banyak muka taaa, awet muda ki 😀

  7. Public Speaking Semarang 0821.4150.2649 T.Sel

    September 19, 2016 at 9:23 am

    This comment has been removed by a blog administrator.

  8. Anneke

    October 28, 2016 at 9:03 pm

    Ih enak banget bisa sahabatan rame gitu sampe 20 tahun. AKu juga punya genk pas kuliah, cuma seiring jalannya waktu udah ga deket lagi. Malah masih deketnya sama sahabat dr jaman SMP dulu. Kami cuma bertiga, tapi sampe sekarang diitung udah sahabatan 10 tahun lebih hehehe semoga bisa kayak mbak Lia yah ((G: annekeavrelovey)

  9. Mythaa_faradisa

    October 28, 2016 at 9:03 pm

    Woww..20 thun bukann waktu yg singkat..
    Longlast kakak semuaa… never ending…
    Ig : mythaa_faradisa

  10. komunitas trail merapi

    October 28, 2016 at 9:03 pm

    ya ampun ini langka bgt..bs kumpul lg foto lg.tmn bagi ku masa lalu mb lia..entah smua sudah brubah (ig:and_caitlyn)

  11. Irmaduta

    November 1, 2016 at 4:47 pm

    Persahabatan itu bukan berarti harus sama dan tanpa cela. Persahabatan itu bagaimana menerima perbedaan dan saling belajar dari kesalahan. Persahabatan saya dengan teman kuliah "baru" berusia 10tahun. Semoga bisa langgeng seperti persahabatan mbak Lia dan teman-teman.

    @irmaduta

  12. Berlin

    November 1, 2016 at 4:47 pm

    Ga kebayang ini heboh nya gimana yah kl ketemuan >.< sama temen2 gank, sejak punya anak agak susah buat ngumpul2 begini hmmm masing-masing punya kesibukan but one day semoga bs seperti gank ini long lasing ^.^
    IG : @berlinsenjaya

  13. Mugniar

    November 26, 2016 at 4:42 am

    Masih pada cantik2 yah ….
    Hm, angkatan 96 yah Lia … awet muda, lho. Beda dikit sama saya usianya, saya duluan 4 tahun .. eh ngakunya beda dikit hihihi

  14. Nasi Kotak Semarang

    June 20, 2017 at 4:45 pm

    wah ternyata udah tua ..

    syukur gak cuma 20 tahun,,,

    but dunia akherat 🙂

Comments are closed.