Saat Hiperemesis itu Menyerang

Pic from metroparent.com

Siapa yang pernah mengalami morning sickness selama masa kehamilannya?
Kalian merasa mual dan muntah berapa kali dalam sehari? 1x…3x…atau sampai 10x sehari?
Saat saya akhirnya hamil setelah 10 tahun mencoba berbagai cara untuk hamil, saya tidak hanya mengalami morning sickness tapi mengalami hyperemesis gravidarium. Hyperemesis gravidarium merupakan komplikasi dari kehamilan yang menyebabkan mual dan muntah sangat parah melebihi morning sickness. Mual dan muntah yang dialami melebihi 3x sehari dan bisa menyebabkan dehidrasi juga berat badan turun bagi ibu hamil.


Baca juga pengalamanku saat aku berusaha hamil selama 10 tahun disini

Awalnya saya berpikir kalau itu hanya morning sickness biasa dan itu merupakan hal yang wajar. Hal wajar kalau setiap pagi saya mual atau langsung muntah saat mencium bau-bau tertentu. Namun keadaan saya bertambah parah, tidak hanya muntah di pagi hari dan saat mencium bau-bau tertentu tetapi setiap makanan yang masuk langsung saya muntahkan. 

Dalam sehari…saya bisa muntah hingga 10x bahkan lebih. Hanya air dan jus buah tertentu yang bisa masuk ke dalam tubuh saya. Selain air dan jus buah, saya akan langsung muntahkan begitu menyentuh tenggorokan. Terkadang…di saat paling ekstrim, air dan jus buah juga akan saya muntahkan dan saya lebih memilih untuk duduk di kamar mandi karena sudah tidak punya tenaga untuk bangkit lagi.

Keadaan saya bertambah parah setiap harinya. Usia kehamilan saya belum juga memasuki 2 bulan saat saya harus dirawat di rumah sakit untuk pertama kalinya. Keadaan saya yang setiap hari sampai muntah berkali-kali membuat dokter khawatir, saya akan mengalami dehidrasi. Memasuki bulan ke 3, saya kembali di rawat karena masih belum bisa makan dengan baik. Segala sesuatu yang masuk ke dalam mulut saya tidak akan bertahan lama dan langsung saya muntahkan.

Saya mulai khawatir akan kesehatan dan pertumbuhan janin saya. Dengan berat badan yang turun drastis dari 48kg ke 42kg selama 3 bulan pertama kehamilan, tubuh saya sudah seperti tulang berlapis kulit. Di saat ibu-ibu hamil lainnya khawatir akan berat badannya yang terus bertambah, saya malah berjuang agar berat badan saya tidak turun terus.
Terlalu lemas untuk bangun. pic from urgetcare.com

Seorang teman menyarankan untuk mengkonsumsi vitamin sebagai supplemen. Setelah bertanya-tanya, akhirnya saya memutuskan untuk mencoba meminum vitamin yang diperbolehkan untuk ibu hamil yaitu Theragran M.

Tubuh saya yang kesulitan menerima nutrisi secara alami melalui makanan, membutuhkan sesuatu yang bisa menggantikan nutrisi makanan tersebut untuk sementara waktu. Saya juga butuh vitamin untuk mengembalikan kondisi tubuh setelah sakit dan vitamin untuk mengembalikan daya tahan tubuh setelah sakit. Saya akhirnya memilih Theragran M karena komposisi yang dikandungnya lengkap untuk kebutuhan tubuh saya.  Theragran M mengandung:
  • Vitamin A penting untuk pertumbuhan embrio termasuk pembentukan hati, paru-paru, mata, tulang dan juga system saraf pusat. Vitamin A juga dibutuhkan ibu yang hendak melahirkan agar dapat mempercepat pemulihan pasca melahirkan
  • Vitamin D dibutuhkan tubuh selama masa kehamilan agar dapat menjaga kadar kalsium dan phospat yang membantu pertumbuhan tulang dan gigi janin
  • Vitamin B1 berfungsi untuk membantu tubuh kita mengubah karbohidrat menjadi energi. Vitamin B1 (Tiamin) juga membantu system saraf, otot dan hati kita berfungsi secara normal. Dia juga berguna untuk perkembangan otak janin.
  • Vitamin B2 (Riboflavin) dibutuhkan tubuh untuk memproduksi energy. Itu akan membantu pertumbuhan bayi, mata yang baik dan kulit yang sehat.
  • Vitamin B6 sangat penting untuk pertumbuhan otak janin dan sistem saraf. Dia juga penting untuk tubuh dan janin kita memetabolisme protein dan karbohidrat dan pembentukan sel darah merah, anti bodi dan mengaktifkan sel-sel otak
  • Vitamin B12 berperan dalam berfungsi normalnya otak dan sistem saraf juga pembentukan darah.
  • Kalsium sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan tulang dan gigi janin. Kalsium juga membantu pertumbuhan hati, saraf dan otot yang sehat bagi janin. Kekurangan kalsium semasa kehamilan akan menyebabkan janin mengambil kalsium di tulang kita yang akan mempengaruhi kesehatan kita nantinya. Dengan cukup kalsium akan mengurangi kemungkinan hipertensi dan preeclampsia
  • Vitamin C dibutuhkan oleh tubuh dan janin kita karena penting untuk tubuh membentuk kolagen yang merupakan salah satu struktur pembentukan tulang rawan, tendon, tulang dan kulit. Vitamin C juga dibutuhkan tubuh kita untuk membantu melawan infeksi, dan sebagai anti oksidan.
  • Vitamin E membantu meningkatkan sistem imunitas didalam tubuh
  • Iodium sangat penting untuk pertumbuhan otak dan sistem saraf pada janin. Iodium juga menjaga metabolisme pada janin. Kekurangan iodium pada ibu hamil dapat meningkatkan keguguran dan lahir prematur
  • Besi (Iron) sangat dibutuhkan oleh tubuh karena berfungsi untuk membuat hemoglobin yang dibutuhkan sel darah merah untuk mengantar oksigen ke sel lainnya. Besi juga merupakan komponen penting dari myoglobin, kolagen dan enzim lainnya
  • Tembaga dibutuhkan oleh tubuh karena berperan dalam proses metabolisme, kesehatan tulang, saraf otot, kardiovaskular dan juga pembuluh darah. Tembaga juga membantu penyerapan zat besi.
  • Magnesium berperan dalam proses mineralisasi tulang, metaboliseme tubuh dan juga meningkatkan daya tahan tubuh sehingga kita tidak rentan sakit
  • Seng (Zinc) dibutuhkan untuk pertumbuhan sel dan juga pembentukan DNA. Seng juga membantu meningkatkan sistem imunitas dan menyembuhkan luka


Theragran M sendiri tidak hanya bisa digunakan oleh ibu hamil tetapi juga sangat disarankan dipakai pada masa penyembuhan setelah sakit karena theragran M merupakan vitamin yang bagus untuk mempercepat masa penyembuhan.

Alasan saya memilih Theragran M tidak hanya karena kandungannya. Masih ada beberapa alasan lain yang  membuat saya memutuskan mengkonsumsi Theragran M dibandingkan multivitamin lainnya yaitu :
  •    Sudah ada label Halal dikemasannya. Maklum saja, saya suka khawatir mengkonsumsi vitamin karena beberapa vitamin menggunakan kapsul yang terbuat dari babi sehingga tidak dapat dikonsumsi oleh kaum muslim
  •   Theragran M sudah terdaftar di BPOM sehingga saya gak perlu khawatir kalau vitamin ini merupakan vitamin abal-abal dan berbahaya untuk janin saya
  •   Theragran M sudah ada semenjak tahun 1976. Multivitamin yang bisa bertahan selama 40tahun tentunya mempunyai manfaat yang sangat bagus sehingga terus dikonsumsi oleh orang-orang
  • Harganya sangat terjangkau

Label halal dari Theragran M

Rasanya sangat tidak menyenangkan mengalami hyperemesis. Banyak aktifitas yang harus saya tinggalkan karena saya terlalu lemah untuk itu. Banyak saat-saat berharga seperti ulang tahun suami, acara pernikahan teman dan saudara yang tidak dapat saya hadiri karena harus beristirahat dirumah. Bersyukur saya bisa melewati masa-masa hyperemesis dengan baik tanpa mengganggu keadaan janin kembar saya.

Mengkonsumsi Theragran M membantu asupan nutrisi untuk janin saya karena Theragran M merupakan vitamin yang bagus untuk masa penyembuhan. Anak kembar sayapun bisa lahir dengan selamat tanpa kekurangan apapun. 
Anak kembar saya di usia 3 tahun

Bagaimana dengan kalian? Pernahkah kalian mengalami morning sickness bahkan hyperemesis selama kehamilan? Atau pernahkah kalian mengkonsumsi Theragran M sebagai multivitamin? Sharing yuuk…dikolom komentar dibawah

Disclaimer: Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog yang diselenggarakan oleh Blogger Perempuan Network dan Taisho

49 Comments

  1. Eryvia Maronie

    November 11, 2016 at 4:11 am

    Baru sempat baca tulisan ini…
    Lengkap banget infonya syg, pantas menang kompetisi :)!

  2. Ndy Pada

    November 1, 2016 at 4:47 pm

    Keren tulisannya kak Lia..
    Thanks for sharing..

  3. Anneke

    October 29, 2016 at 1:08 pm

    Pas hamil dulu aku sih ga pernah morning sickness. Cuma susah makan aja pas awal hamil. Udah gitu kan aku tinggal sama mertua, mertua kekeuh maksa aku harus makan banyak karena lagi hamil. Padahal bukan akunya gak mau makan, tapi ga bisa makan. KAlo yg pernah ngalamin hal ini pasti tau gimana nggak enaknya kan. Mertuaku nggak pernah ngalamin itu karena dulu selama 3x hamil dia napsu makannya besar banget makanya gak paham. (IG: annekeavrelovey)

  4. Z Wn

    October 28, 2016 at 10:34 pm

    Dg lamanya proses kehamilan tersebut mbak dapatkan dg kesabaran, dan ujian saat kehamilan mbak jg ikhlas dan sabar ternyata semua perjalanan hidup mbak lia ini sangat menginspirasi banyak orang mbak. Saya bersyukur tidak pernah mengalami morning sickness, dan saya hamilpun satu bulan setelah menikah. Saya salut sama mbak Lia 🙂
    IG : zurtum_naima

  5. drevi andrea

    October 27, 2016 at 3:49 pm

    Waktu saya hiperemesis biasanya malah saya paksakan masukin makanan,, karena mual itu adalah tanda si kecil butuh asupan n energi untuk tumbuh :).

    Ig: @dreviandrea

  6. Anonymous

    October 27, 2016 at 3:49 pm

    Puji Tuhan, kehamilan saya tanpa morning sickness. Mungkin krn Tuhan itu adil. Saya hamil dengan keadaan di rumah benar2 sendirian. Suami kerja di pulau lain dan orangtua juga jauh. Jadi kangen hamil ini mahh.. 😆 IG : @eleora_celysta

  7. lauraine

    October 27, 2016 at 3:49 pm

    wowww, luar biasa memang perjuangan seorang ibu. Dulu saya hanya juga mual-muntah hampir sepanjang hari tapi masih dalam batas wajar dan tidak sampai opname, itu saja rasanya sudahhh menguras energi lahir dan batin ya.. heheee.. salut utk semua ibu2 kuat dan pantang menyerah! |@lauraineleiwa

  8. venyta astrilianti

    October 27, 2016 at 3:49 pm

    Alhamdulillah saya gak pernah sama sekali mengalami morning sickness ataupun hiperemesis dikehamilan pertama..cuman pusing2 aja tapi gk sampek muntah..senua makanan masuk dg membabi buta hehe alhasil naik 20kg dalam masa kehamilan itu.. kalau boleh tau itu vitamin theragran-m diperoleh tanpa resep dokter bisa?
    @astriliantivenyta

  9. komunitas trail merapi

    October 27, 2016 at 3:49 pm

    ig (and_caitlyn) seep makasih buat infonya.ikutan Giveawaynya jg ya onty

  10. Anonymous

    October 23, 2016 at 8:51 pm

    Saya hamil 2 kali ga pernah mengalami morning sickness. Kata orang hawa hamil kebo. Semua dimakan ga ngerasa ngidam itu apa? Adik saya yang parah morning sicknesnya sampai hamil usia hampir 6 bulan ga bisa bau nasi masak, makan yang bau menyengat langsung muntah terus hampir sepanjang hari, bawaannya jadi lemas maunya rendahan terus. Saya jadi kasihan hamil koq menderita gitu ya, karena ga pernah nya kami. Heheheeeeee IG:@qiaquin

  11. Lia Djabir

    October 20, 2016 at 5:28 pm

    bisa coba konsumsi vitamin mba tp sebaiknya konsultasi dl dgn dsognya biar pas vitaminnya

  12. Lia Djabir

    October 20, 2016 at 5:27 pm

    bener banget maksan…butuh doping slama hamil

  13. Lia Djabir

    October 20, 2016 at 5:27 pm

    iyaa mak…kl ingat hiperemesisnya bikin keder u hamil lg

  14. Ratna Margaretha

    October 9, 2016 at 7:35 pm

    Informasi sangat keren sekali, BTW saya sedang hamil tapi kok nafsu makan berkurang dipaksa makanpun kadang jadi eneg, tapi kasihan juga sama dedek bayi yang belum lahir,.apa ada solusinya dari pengalaman mbak?

  15. Fatimah Azzahra

    September 28, 2016 at 6:58 am

    Makliaaa, qt morning sicknes aja udah tepar ya muntah2 mual apalagi maklia hyperemesis udh gak bisa masuk apa2, tapiii subhanallah dpt hadiahnya terbayarkan ya mak punya duo malaikat alji 😘

  16. Sandra Buana Sari

    September 28, 2016 at 6:58 am

    Theragran-M emang bantu banget apalagi masa penyembuhan. Waktu hamil sampe bulan ke 6 asli susah masuk makanan, harus dibantu suplemen lain2, nice sharing Lia 🙂

  17. Lia Djabir

    September 27, 2016 at 11:03 pm

    mungkin vit yg mba maksud khusus zinc aja jadinya kurang lengkap gizinya u bumil. kalau ini sehali minum sdh masuk berbagai macam vitamin

  18. Lia Djabir

    September 27, 2016 at 10:52 pm

    hahaha…harus semangat biar keisi blognya. sayang udah dipercantik trus dibiarkan berdebu hehe

  19. Public Speaking Semarang

    September 27, 2016 at 1:27 pm

    hmmm …
    Post nya sangat bermanfaat, tapi sayangnya masih jomblo .

  20. Zilqiah Angraini

    September 27, 2016 at 1:27 pm

    Wahh semangat nih kak lia ikut2 lombaaa.. hhihihi goodluck kak !! aku padamuu dan pada ALji #eh hehehehe :-*

  21. penulismalas

    September 27, 2016 at 1:27 pm

    Saya belom pernah sih ngalamin yang beginian hehe belom pernah hamil soalnya.. tapi saya tertarik sama bagian zinc tadi mba, bukannya itu memang ada suplemennya yaa botolnya warna ungu putih… atau mngkin Zinc yg saya maksud ini ga bisa dikonsumsi bumil kali yaa

  22. Lia Djabir

    September 24, 2016 at 6:11 pm

    semoga babynya sehat2 terus yaa mba. makasi sdh mau mampir

  23. Lia Djabir

    September 24, 2016 at 6:05 pm

    no worries…makasi yaa sdh mau kembali n kasi komen. btw, aku sering lewat cianjur lohh pas pulang kampung ke sukabumi

  24. Lia Djabir

    September 24, 2016 at 6:03 pm

    amiiin…makasi yaa mba sdh mampir

  25. Lia Djabir

    September 24, 2016 at 5:57 pm

    smoga segera dikabulkan doanya yaa mba. makasi sdh mampir dan boleh loh sering2 mampir. siapatau pengalamanku slama 10thn bs menjadi inspirasi

  26. Lia Djabir

    September 24, 2016 at 5:56 pm

    hi mba, salam kenal juga. makasi sdh mampir. harganya 18rb

  27. Lia Djabir

    September 24, 2016 at 5:55 pm

    hehe…iyaa dong…cari bapaknya dulu

  28. Lia Djabir

    September 24, 2016 at 5:51 pm

    mungkin gak cocok ama vitaminnya say. secara tiap ibu hamilkan beda-beda

  29. Lia Djabir

    September 24, 2016 at 5:51 pm

    boleh bgt tuh mas fandi. makasi sdh mampir yaa

  30. Lia Djabir

    September 24, 2016 at 5:50 pm

    Alhamdulillah hanya kehamilan pertama yaa mba. iyaa mba..badan jadi lebih enak. makasi sdh mampir yaa

  31. Lia Djabir

    September 24, 2016 at 5:50 pm

    amin u buah hatinya yaa mba tuty tp jgn sampe deh ngerasain morning sickness. makasi sdh mampir

  32. Lia Djabir

    September 24, 2016 at 5:49 pm

    iyaa bisa banget tuhh tp sebaiknya dikonsultasikan dl ama dsognya krn tiap ibu hamil punya kebutuhan yg berbeda2

  33. Lia Djabir

    September 24, 2016 at 5:47 pm

    makasi indri u pujian n sdh mau mampir. sering2 mampir and share yaa 🙂

  34. Lia Djabir

    September 24, 2016 at 5:47 pm

    thank you gympi. help share di FB mu yaa hehehe

  35. nunu amir

    September 24, 2016 at 5:45 pm

    Wahh… jadi pengen hamil juga…
    eitsss… nyari bapaknya dulu 😀

  36. a.e.zen

    September 24, 2016 at 5:45 pm

    sukses lombanya ^^
    salam kenal dari malang

    oiya itu vitaminnya berapaan?

  37. Icha

    September 24, 2016 at 5:45 pm

    Aku lagi pengen hamil.. suka tertarik dengan bacaan yang berbau hami….

    dan ini aku dapat pengetahuan baru…. tentang hiperemesi

  38. Nita Lana Faera

    September 24, 2016 at 5:45 pm

    Wah sepuluh tahun ya mba masa penantiannya, tapi Alhamdulillah sekarang diberi ya. Semoga sehat2 terus ya, mba 🙂

  39. Okti Li

    September 24, 2016 at 5:45 pm

    Maaf baru bisa kasih komentar Teteh…
    selama ini saya baca pakai hape, jadi susah kasih komentar, pas pilihan bukan robotnya itu yg bikin saya gagal terus kasih komentar…

    salut buat semua perjuangannya Teh Lia, mulai mendambakan kehamilan, merencanakan, hingga kini sudah dapat kembar sekaligus 🙂 luar biasa…

    salam dari Cianjur 🙂

  40. Milda Ini

    September 24, 2016 at 5:45 pm

    jadi ingat dulu mba, baby nasya baru usia 4 bln ni

  41. fandi wiyardi

    September 22, 2016 at 6:34 am

    Siiiipp…. Boleh dicoba nnti untuk istri sy

  42. Nanie

    September 22, 2016 at 6:34 am

    Saya waktu hamil malah ndq bisa minum vitamin, tiap minum vitamin lgsg hoek :))

  43. fandi wiyardi

    September 22, 2016 at 4:30 am

    Siiiipp…. Boleh dicoba nnti untuk istri sy

  44. alfulaila

    September 22, 2016 at 2:54 am

    Wah bisa dicoba nih.. Kalau saya walaupun ga sampai muntah-muntah, tapi kadanh suka kliyengan dan lemes 🙁

  45. tutyqueen

    September 22, 2016 at 2:53 am

    wah, sampe segitunya ya mbak kalau mengalami morning sickness..bahagianya jadi ibu, mudah2an aku bisa merasakan yang namanya morning sickness ini kalau sudah dibei buah hati 🙂

  46. retno

    September 22, 2016 at 2:53 am

    Sukurlah aki cuma morning sickness biasa mba… itupun pada kehamilan pertama, sedangkan yang kedua dan ketiga tidak…
    Aku juga udah mencoba tjeragran M ..memang benar tubuh jadi lebih ringan terasa bertenaga….

  47. indri tajuddin

    September 21, 2016 at 2:48 pm

    Thx sangat membantu kak lia..soalnya 6 bulan stelah lahiran tubuhku msh kurang fit
    Speechless n kagum sm perjuangan kak lia slama menjalani kehamilan yg berat (sy sempat baca yg dimajalah)

  48. Anonymous

    September 21, 2016 at 2:25 pm

    Waduh tau banget nih masa2 hyperemesisnya kak lia. Bisa ampe duduk depan kamar mandi karena dikit2 muntah ke kamar mandi. Ampe kalo tidur, suka saya cek nafasnya karena saking lemasnya jadi kayak ngga gerak ������
    Alhamdulillah ya kak sekarang almi dan jibran sehat..

Makasi sudah membaca dan memberikan komen di tulisan saya. It means a lot to me biar makin semangat nulis. Please bantu share tulisan ini, siapatau tulisan ini bermanfaat untuk orang lain yang membutuhkannya.

%d bloggers like this: