Berpetualang di Explore the World


Jam belum juga menunjukkan pukul 10 saat Almira dan Jibran kembali bertanya untuk kesekian kalinya kepada saya. “Bunda, kapan kita pergi?” Mereka sangat bersemangat untuk pergi karena malam sebelumnya, saya sudah menceritakan kalau saya akan mengajak mereka ke acara Dancow, Explore The World.
Mereka sempat bertanya, mau ngapain disana? Dan jawaban saya, kita akan mencoba permainan yang sangat banyak. Hal itu membuat mereka menjadi sangat bersemangat. Akhirnya, kamipun siap berangkat pas pukul 10.30.


Suasana Dancow, Explore the World
Ada 4 zona dengan 4 tema yang berbeda yang disediakan oleh Dancow. Sesuai dengan temanya yaitu Explore the World, Dancow parenting center menyediakan 4 zona yang terinspirasi dari  4 Negara:
1.   Di Zona Belanda, si Kecil bisa bertualang mencoba memerah susu sendiri dari sapi-sapian dan juga memindahkan tanaman dari kebun ke pot.
2.   Di Zona Jepang, si Kecil bisa bereksplorasi bermain lego dan membuat origami. Kita juga bisa berfoto keluarga dengan menggunakan yukata yang telah disediakan
3.   Di Zona Brazil, si Kecil bisa berfoto dengan menggunakan augmented reality sehingga hasil fotonya akan seperti berfoto dengan harimau
4.   Di Zona Indonesia , si Kecil bisa bereskplorasi dengan pasir pantai dan berfoto dengan lumba-lumba menggunakan augmented reality

Zona Jepang. Pic dari tribun timur

Almira dan Jibran sangat senang karena bisa bermain pasir di Zona Indonesia. Mereka berdua sibuk bereksplorasi membangun istana pasir dengan menggunakan alat-alat yang telah disediakan oleh pihak Dancow DPC. Tak terasa waktu 40 menit yang diberikan untuk setiap pengunjung sudah habis.
Mereka sempat berfoto dulu di banana boat sebelum selesai bermain. Pengambilan fotonya agak lama karena mereka berdua malah sibuk bouncing di atas banana boat. Mungkin mereka berpikir kalau ini salah satu jenis trampoline baru hahahaha. Untungnya, petugas yang mengambil foto sabar menghadapi kelakuan mereka 😀
 

Eksplorasi di Zona Indonesia

Di pintu keluar wahana, sudah ada petugas khusus yang membantu membersihkan kaki dan tangan mungil si Kecil. Tak lupa petugas itu memberikan cairan desinkfektan ke tangan si Kecil sehingga tangan si Kecil terjaga kebersihannya.
Ini hal yang kelihatan sepele tapi sangat perhatian dari pihak Dancownya karena kebersihan merupakan hal yang sangat penting untuk si Kecil. Tau sendirikan si Kecil bagaimana….mereka suka lupa kalau habis bermain dan langsung makan dari tangan yang belum dibersihkan. Ini bisa menjadi sumber penyakit seperti diare.

Kaki dan tangan si Kecil dibersihkan terlebih dahulu

Saya pribadi tidak pernah terlalu khawatir melepas Almira dan Jibran dalam bereksplorasi apapun. Saya cukup memantau dari jauh untuk memastikan keselamatan mereka. Saya percaya, dengan membiarkan mereka bebas bereksplorasi akan membantu tumbuh kembang anak menjadi lebih baik.
Alhamdulillah…mereka menjadi pribadi yang selalu ingin mencoba hal-hal dan ide-ide baru yang terkadang tidak terpikirkan oleh saya. Hal ini membuat saya bangga akan kemampuan dan kreatifitas mereka semenjak kecil.
 

Mba Ratih Ibrahim dan Mba Sari Sunda Bulan

Hal ini sejalan dengan pendapat psikolog Ratih Ibrahim yang sharing di acara Dancow mengenai pentingnya melepas anak untuk bebas bereksplorasi. Hal penting yang juga saya catat dari sharingnara sumber lainnya, Mba Sari Sunda Bulan, yaitu pentingnya perlindungan optimal agar si Kecil dapat tumbuh kembang dengan baik.
Perlindungan yang dimaksud disini bukan melarang mereka bereksplorasi tapi perlindungan dari dalam yaitu dari sisi gizi si Kecil. Dengan memberikan gizi yang cukup juga seimbang sehingga si Kecil tidak mudah sakit sehingga si kecil bisa bebas bereksplorasi dan tumbuh kembang sesuai umur mereka.
 

Mencoba minum susu Dancow

Sebenarnya, saya masih ingin melanjutkan mencoba zona-zona yang lain sesudah mini seminar selesai. Sayangnya, Almira dan Jibran sudah tertidur pulas. Saya akhirnya memutuskan untuk pulang. Keadaan juga semakin penuh karena tingginya animo orang tua untuk bermain bersama si Kecil sehingga udara terasa agak panas. 
Keinginan untuk kembali di sore atau keesokan harinya tidak tercapai karena banyaknya acara keluarga. Semoga di tahun-tahun berikutnya dapat kembali hadir ke acara yang diadakan oleh Dancow DPC karena acaranya bagus sekali. Dan semoga acaranya dapat dilaksanakan di tempat yang lebih luas sehingga si Kecil bisa puas bereksplorasi tanpa harus mengantri lama. Merupakan pengalaman seru dan unik baik untuk anak maupun orang tua.

  1. Mugniar

    November 20, 2016 at 4:32 am

    Hahaha kayak trampolin ya Nak 😀

    Kodoong sudah jam tidurnya mi di' … iya tawwa, siang sekali mi. Mestinya dibiarkan anak2 main di pagi hari, ya …

  2. Sandra

    November 20, 2016 at 4:32 am

    Waaah alji pasti suka banget ya main2 disini 😀 sekarang banyak acara keluarga di mall jadi mamak juga bisa belanja abis itu hihihih XD

  3. Inart

    November 11, 2016 at 4:11 am

    Eci juga cuma coba wahana di Indonesia, tidak sempat coba yang lain karena ngantuk mi. Hehe

  4. alfu laila

    November 11, 2016 at 4:11 am

    Seruu di'.. Itu yang jibran membelakang main pasir kaya outdoor 😍

  5. Eryvia Maronie

    November 11, 2016 at 4:11 am

    Bagus tulisannya Lia.
    Lebih banyak bercerita tentang aktifitas si kecil saat main di wahana.
    Sukses selalu yaa say :*

Makasi sudah membaca dan memberikan komen di tulisan saya. It means a lot to me biar makin semangat nulis. Please bantu share tulisan ini, siapatau tulisan ini bermanfaat untuk orang lain yang membutuhkannya.

%d bloggers like this: