Manfaat Bermain Air pada Anak

Sebagai seorang Bunda, saya tentunya ingin anak kembar saya tumbuh kembang dengan maksimal. Salah satu caranya dengan menstimulasi mereka dengan berbagai macam aktifitas. Salah satu aktifitas yang disukai oleh anak kecil yaitu bermain air. Namun bermain air merupakan salah satu kegiatan yang terkadang, membuat kita sebagai orang tua khawatir.

Seringkali kita dihinggapi kekhawatiran kalau anak akan mudah sakit sehingga kita melarang anak-anak untuk bermain air. Padahal banyak sekali manfaat bermain air untuk anak kecil di mulai semenjak mereka bayi. Tidak hanya bermain tetapi mereka juga bisa belajar banyak.

bermain air
happy saat bermain air

Apa saja manfaat dari bermain air:

  1. Meningkatkan kemampuan motorik

Banyak cara yang dapat kita lakukan sebagai orang tua untuk meningkatkan kemampuan motorik anak dengan kegiatan bermain air. Salah satu contoh kegiatan bermain air untuk meningkatkan kemampuan motorik kasar yaitu dengan berenang. Cara lainnya yaitu dengan belajar menuang air dari botol minuman ke gelas atau dari ember ke ember lainnya. Saat mereka melakukan kegiatan tersebut maka secara otomatis anak juga akan belajar mengenai koordinasi mata dan tangan sehingga air yang dituang tidak akan tumpah.

menyiram bunga
Belajar menyiram bunga dan mengambil beads untuk melatih motorik kasar

Baca juga : Berpetualang di Explore the World

  1. Belajar tentang bahasa dan komunikasi

Kita juga bisa mengajarkan tentang bahasa dan komunikasi kepada anak dengan menggunakan media air. Kita dapat berpura-pura belajar tentang laut dan menambahkan berbagai macam hewan yang hidup di laut dan juga alat transportasi yang ada di laut. Anak-anakpun dapat menambah kosa kata baru dengan cara yang menyenangkan

Berpura-pura jadi putri duyung
Bermain jadi bajak laut dan berpura-pura jadi putri duyung

 

  1. Menstimulasi kreatifitas

Anak juga dapat menggunakan media air untuk berkreasi sesuai imaginasi mereka. Anak bisa berimajinasi sedang membuka bengkel cuci sepeda atau bahkan mungkin menjadi bajak laut.

bermain air membuat istana pasir
Menbuat istana pasir

 

  1. Melepaskan energi

Bermain air juga membantu anak untuk melepaskan energi mereka yang sangat besar. Di sore hari anak bisa belajar menuang air dari satu ember ke ember lainnya dengan menggunakan gayung. Anak juga dapat belajar berenang yang membutuhkan energi yang besar

Bermain air untuk melepaskan energi
Berenang untuk melepaskan energi

 

  1. Belajar tentang hubungan sosial

Anak dapat belajar mengenai hubungan social dengan orang sekelilingnya dengan menggunakan media air. Mereka akan belajar bermain bersama, saling berbagi permainan,    bernegoisasi dan masih banyak hal lainnya

bermain air sekalian belajar bekerjasama
Bekerjasama dalam membuat istana pasir dan bernegoisasi tentang meminjam ban renang

Baca juga : I’m (not) a Perfect Bunda

Manfaat Minum Susu

Almira dan Jibran termasuk anak kecil yang sangat senang dengan aktifitas yang berhubungan dengan air. Mereka akan lebih bersemangat melakukan segala jenis aktifitas jika berhubungan dengan air. Tidak peduli waktu mau pagi, siang atau malam.

Awalnya saya selalu khawatir setiap mereka ingin bermain air apalagi jika ingin berenang. Karena seringkali mereka menjadi lebih mudah sakit setiap habis berenang. Namun sekarang saya tidak perlu khawatir lagi untuk mengatakan “IYA BOLEH’ setiap mereka meminta ijin ingin berenang karena saya sudah menemukan rahasianya #berasa menjadi secret agent hahahhaha

Setiap mereka ingin berenang, saya akan memberikan susu sejam sebelumnya agar kalori yang terdapat di susu dapat diubah menjadi energi. Energi tersebut yang akan mereka gunakan untuk beraktifitas dan menjaga tubuh mereka tetap hangat selama berenang untuk jangka waktu yang cukup lama.

dancow
Minum susu sebelum berenang

Selain itu, susu DANCOW Advance Excelnutrisi+ mengandung lebih dari 3x Lactobacillus rhamnosus yang merupakan bakteri baik. Dominasi bakteri baik dapat membantu melindungi saluran cerna. Saluran cerna ini penting sekali untuk daya tahan tubuh karena 80% dari daya tahan tubuh terdapat di saluran cerna.

Dancow Advance Excelnutrisi+ juga mengandung serat pangan inulin, minyak ikan sumber DHA serta LA-ALA. Serat pangan inulin berfungsi untuk mencegah sembelit dan menjaga kesehatan pencernaan pada umumnya. Serat pangan inulin juga bisa membantu anak agak tidak mudah obesitas. Anak yang obesitas tentunya akan lebih sulit bereksplorasi sehingga dikhawatirkan tumbuh kembangnya tidak maksimal.

hamper dancow

hamper dancow
Almira dan Jibran rebutan saat melihat isi hamper Dancow

Kandungan Dancow

Bunda…apakah bunda seperti saya yang selama ini berpikir kalau DHA serta LA-ALA hanya penting untuk mencerdaskan anak kita? Hal tersebut ternyata tidak tepat karena Omega 3(ALA) dan omega 6(LA) juga penting untuk daya tahan tubuh anak kita. Semua itu berdasarkan penelitian dokter anak di Universitas Airlangga. Mereka menemukan bahwa asam lemak esensial sangat penting sebagai sumber energi tumbuh kembang pada anak kecil. Sehingga anak kecil jangan sampai kekurangan omega 3 dan omega 6 baik dari sumber makanan maupun sumber lainnya.

Dengan adanya perlindungan optimal dari dalam berupa asupan gizi yang baik dan cukup, saya dapat dengan tenang melepas Almira dan Jibran untuk bereksplorasi dengan apapun termasuk bermain air. Saya cukup memantau untuk memastikan keselamatan mereka. Bagaimana dengan Bunda? Apakah Bunda sudah percaya diri melepaskan anak untuk bebas bereksplorasi?

Have a nice day, love

  1. Dewi Ratih Purnama

    August 9, 2017 at 10:29 am

    Anakku juga seneng banget main air… Paling sering sih sekarang sambil mandi aja… Mainnya gpp..cuma listrik nya yang bikin ketar ketir :p *pake jet pump

  2. Amanda Ratih

    August 9, 2017 at 10:29 am

    Kayaknya emang nggak ada anak yg nggak suka main air dah, masalahnya main air emang nyenengin sih, wkwk..

  3. Fanny f nila

    August 9, 2017 at 10:29 am

    Anak2ku sukaaaa bgt berenang. Dr umur 3 bulan udh aku kenalin ke kolam, dan sejak itu mereka ga bakal nolak tiap diajak berenang ato hanya sekedar main air. Kalo udh nginep di hotel, psti syaratnya hrs ada kolam renang :D. Kdg mereka pura2 jd anak duyung mba :p. Gpp sih, biar kreativitasnya terasah yaa

  4. Anisa Ae

    August 9, 2017 at 10:29 am

    Favoritnya anakku yang sulung nih. Kalau udah main air betah dah. 😀

  5. Ratusya

    July 11, 2017 at 4:34 pm

    Aku males ngajak anak main air. Hahaha. Soalnya aku ikutan basah

  6. Rahmi

    July 11, 2017 at 4:34 pm

    Meski anakku suka susah disuruh mandi, tapi kalo mainan air mereka suka xixixi

  7. Andi Nugraha

    July 11, 2017 at 4:34 pm

    Memang banyak manfaatnya ya, Teh. Jadi tak salah jika anak diajarkan berenang sedari kecil 🙂

  8. lianny hendrawati

    June 20, 2017 at 4:45 pm

    hihi sama nih dengan anak-anakku, suka main air dan nyemplung di kolam renang 🙂

  9. Ria Tumimomor

    June 20, 2017 at 4:45 pm

    wah saya gak menyangka ada banyak manfaat bagi anak ketika bermain air… Tp memang sebaiknya dari kecil anak dibiasakan main air ya mak… Biasanya kl mereka udah berani kitanya yg kewalahan 🙂

  10. Sandra Nova

    June 20, 2017 at 4:45 pm

    dulu waktu kecil raya ngga terlalu seneng renang, tapi sekarang hahaha.. minta renang mulu 😀 kalau dancow itu susu aku waktu kecil, ntah kenapa kayaknya jaman aku banyak banget yg minum susu dancow 😀

  11. Gustyanita Pratiwi

    June 20, 2017 at 4:45 pm

    Woww lucuu ada twins di sini
    Ealah pantasan di tempatku kolam renang umum tu klo weekend ruameeee banget, ternyata emang anak anak itu klo uda di lepas di aer uda punya keasyikan tersendiri. Lumayan sih, ketimbang piknik yang harus kemana, renang lebih murah dan menyenanhkan pastinya

  12. Alris

    June 20, 2017 at 4:45 pm

    Main air mengingatkan saya waktu kecil suka main air hujan. Pengalaman yang menyenangkan.

    Main air juga disukai orang dewasa, hehehe…
    salam

  13. Ernawati Lilys

    June 20, 2017 at 4:45 pm

    Anakku juga suka banget main air. Sampai beberapa kali ganti baju 🙂

  14. turiscantik.com

    June 20, 2017 at 4:45 pm

    Anak saya suka banget main air dan berenang, mungkin krn pas hamil sampai sembilan bulan saya masih berenang kali ya heheheh

  15. Rani R Tyas

    June 20, 2017 at 4:45 pm

    Ya Allah serunya punya anak kembar yang main ke mana-mana berdua. Saya belum berani mbak bawa anak ke kolam renang, lha mandi aja dia ogah-ogahan apalagi diajak nyemplung ya..

  16. elva susanti

    June 20, 2017 at 4:45 pm

    Akan tetapi tidak sedikit jg ibu yg melarang anaknya main air mbak. Krntakut anaknya kena flu,

  17. Pritahw

    June 20, 2017 at 4:45 pm

    wah, kembar cowok cewek mbak, lengkapp yaa. Btw kl dari keluarga bsr, yg turunan kembar masi deket ga mbak? Soalnya suamiku sendiri anak kembar *curcol*

    Btw, main air buat anak2 emang asik, asalkan emang kalorinya dilengkapi ya. Aku aja kl mau renang, ga makan, bisa pening ga karuan, wkwk

  18. Nona Makeup

    June 15, 2017 at 1:16 pm

    Memang, perlu banget untuk mengajak anak bermain air atau berenang. Biar semakin hepi dan mendekatkan diri kita dengan anak.

  19. Nunu Halimi

    June 15, 2017 at 1:16 pm

    waahh sama anak saya juga suka main air, alhamdulillah banyak ya manfaatnya..

  20. Lia Djabir

    June 10, 2017 at 1:53 pm

    toss…sesama ibu anak kembar. anakku juga asma mba…makanya rajin dibawa renang. hihi iyaa…seru mba 😀

  21. Lia Djabir

    June 10, 2017 at 1:51 pm

    hihi…tiap ortukan punya preference masing-masing mba. jd gpp juga
    cuss…dicobain susu dancownya. anakku fav bgt ampe rebutan tiap liat dancow

  22. Lia Djabir

    June 10, 2017 at 1:50 pm

    hahaha…yg penting skr jd blogger hits

  23. Lia Djabir

    June 10, 2017 at 1:42 pm

    bener banget mba…banyak bgt manfaat bermain air

  24. Lia Djabir

    June 10, 2017 at 1:41 pm

    dimanapun sama aja yg penting anak hepi n bisa bereksplorasi

  25. Lia Djabir

    June 10, 2017 at 1:40 pm

    iyaa kak…bener bgt. yg plg penting kita sdh usaha maksimal kasi proteksinya

  26. Lia Djabir

    June 10, 2017 at 1:38 pm

    abisnya, kita suka khawatir sih yaa kl anak sakit. blm lg rempesnya

  27. Lia Djabir

    June 10, 2017 at 1:37 pm

    iyaa makfat…anak kecil kl main air ampe lupa waktu

  28. Lia Djabir

    June 10, 2017 at 1:36 pm

    ibu dan anak jd sama-sama lupa waktu yaa mba

  29. Lia Djabir

    June 10, 2017 at 1:35 pm

    bener bgt mba. kl daya tahan tubuh anak kuat, mau ngapain juga, bundanya gak usah khawatir

  30. Lia Djabir

    June 10, 2017 at 1:34 pm

    main air memang favnya anak-anak yaa

  31. Lia Djabir

    June 10, 2017 at 1:34 pm

    iyaa bener bgt…2 itu kesukaannya krucils. yuuk auf…kita berenang lagi

  32. Nova Violita

    June 10, 2017 at 1:33 pm

    anak ku juga senang main air.. karena waterpark jauh… pantai apa lagi…
    paling maianan air saat mandi… di wadah agak besar..

  33. Maria Soraya

    June 10, 2017 at 1:33 pm

    banyak2 main air bukan hanya untuk motorik, tapi bisa nambah level pede anak lho ketika anak makin gede semacam "aku udah bisa kok berenang gaya… " ato "aku gak usah dipegangin berenangnya" …nah klo udah kelamaan main air, tinggal sedia dancow hangat untuk anak2 🙂 anakku minum dancow juga, yg madu

  34. Adityar

    June 10, 2017 at 1:33 pm

    Kodong, pengalamanku main air waktu kecil cuma berenang-renang di saluran irigasi yang sama sekali tidak menyehatkan 🙁

  35. herva yulyanti

    June 10, 2017 at 1:33 pm

    aku belum pernah ajakin berenang mba ahaha *emak tega :p
    ngomongin susu juga aku kepngen cobain Dancow selama ini maish gonta ganti si mba hehhe

  36. Novie Mochtar

    June 10, 2017 at 1:33 pm

    Ada ternyata temanku sesama punya anak kembar. Alhamdulillah di bahagianya. saya kembar cowok-cowok. Mereka juga dari kecil sudah suka nyebur di air, bahkan asmanya hilang sejak usia sd karena rutin renang. (yang satu nda asma). Liat foto-fotoya jadi ingat waktu mereka masih kecil dulu. Seru ya dandanin kembar cowok dan cewek.

  37. Lia Djabir

    June 5, 2017 at 4:34 am

    iyaa sa juga dulu suka khawatir kalau mrk kena flu abis main air. ternyata triknya, mrk harus dikasi makan sejam sebelumnya biar tubuhnya tetap hangat jd gak gampang flu

  38. Ndy Pada

    May 31, 2017 at 1:53 am

    Fadel juga seneng banget main air. Kalau main di kolam renang, ketagihan sampe lupa berhenti. Cara ampuhnya, saya ingatkan kalau jari-jari tangannya sudah keriput, tandanya sudah waktunya stop main air.

  39. Anggarani Ahliah Citra

    May 31, 2017 at 1:53 am

    serunya main aiiirrr…
    Iya ya, Mba Lia. Kalau anak sering main air harus dibekali makanan sehat lengkap dengan susu agar dayan tahan tubuhnya kuat ya, ga gampang masuk angin jadinya

  40. Evrinasp

    May 31, 2017 at 1:53 am

    Yang suka main aor klo di rumah gak cuma anak ku mbak, akupun seneng banget hebe

  41. Fatimah Azzahra

    May 31, 2017 at 1:53 am

    Ya ampun, almi-jibran asyik bgt minum susu Dancow Advance Excelnutrisi+ nya 😋😘
    Semua anak kecil kyknya suka bgt main air yaa

  42. Zilqiah Angraini

    May 31, 2017 at 1:53 am

    saya mi ini termasuk mama yg suka larang2 huhu karena takut anak nanti sakit.. huhuhu
    eh foto2 almira dan jibran keren2 lucu2 senangnya lihat merekaaa

  43. Mugniar

    May 31, 2017 at 1:53 am

    Anak harus dibiarkan bereksplorasi ya lia, yang penting kita usahakan proteksinya dari segala segi, termasuk gizinya.

    Seruunya si kembar, senang lihat foto-fotonya 🙂

  44. Nanie

    May 29, 2017 at 11:22 pm

    Kalau ridwan selalu minta mandi hujan, kadang saya bilang Iya Boleh, kadang juga bilang nda boleh, karena khawatir kena flu setelahnya

  45. alfu laila

    May 29, 2017 at 11:22 pm

    Main air dan minum susu, deh andalannya anak-anak..hihi.. Jadi ingat Auf yg awalnya takut nyemplung ke kolam renang rumah kakak ta' eh malah ketagihan dan ga mau keluar dari kolam 🙈

Makasi sudah membaca dan memberikan komen di tulisan saya. It means a lot to me biar makin semangat nulis. Please bantu share tulisan ini, siapatau tulisan ini bermanfaat untuk orang lain yang membutuhkannya.

%d bloggers like this: