6 langkah yang harus kamu lakukan saat kehilangan PASPOR di Luar Negeri

Tidak ada seorangpun yang ingin kehilangan paspor. Baik itu saat masih ada di Indonesia apalagi saat travelling keluar negeri. Tapi yang namanya musibah tidak pernah ada yang tau. Seperti yang saya alami saat kehilangan paspor di Bandara Atarturk, Istanbul. Oleh karena itu, saya akan sharing cara mengganti paspor hilang di luar negeri.

Saat kita kehilangan paspor di Indonesia, mungkin kita tidak terlalu khawatir karena kita bisa dengan mudah mengurusnya ke kantor polisi dan juga kantor imigrasi.

Trus bagaimana kalau kita kehilangan passport saat liburan ke Luar negeri? Ini ada beberapa hal penting yang bisa kamu lakukan jika hal itu sampai terjadi. Info ini saya dapatkan dari seorang teman yang bekerja di Kemenlu RI jadi semoga infonya bisa membantu teman-teman yaa.

Baca juga: Berlibur ke Universal Studio, Osaka

Pencegahan

Hal penting yang harus kita lakukan terlebih dahulu adalah pencegahan dengan cara:

  1. Fotokopi passport dan visa kemudian bawalah fotokopi tersebut di dalam tas. Selain itu, kamu juga bisa memfoto berkas-berkas tersebut kemudian mengirimkan ke pasanganmu agar ada cadangan saat semua tas kamu hilang
  2. Simpan passport di tempat yang aman di dalam tas agar tidak mudah di copet.
  3. Jika kamu hendak berbelanja dan diminta passpor untuk mengisi formulir tax refund, kamu bisa menunjukkan fotokopi passpormu agar passpormu tidak sampai tertinggal. Apalagi jika kamu ikut travel tour yang memberikan waktu terbatas untuk berbelanja. Hal ini membuat kita lebih terburu-buru sehingga lebih ceroboh.
  4. Cek paspormu setiap hari saat sudah kembali ke hotel. Apalagi jika kamu hendak pindah ke kota lain. Kebayangkan kalau nyadarnya saat sudah berada di kota lain. Tentunya bakalan lebih rempong ngurusnya
  5. Jika kamu akan tinggal lebih dari seminggu di suatu Negara, ada baiknya kamu melapor ke KBRI/KJRI setempat. Sehingga jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan, kamu bisa cepat dibantu.
Surat Perjalanan Laksana Paspor

Ohh iyaa…Yang harus teman-teman ketahui yaitu saat kita kehilangan paspor di luar negeri dan mengurus penggantinya, kita tidak akan mendapatkan paspor baru seperti yang diberikan di Indonesia. Kita hanya akan mendapatkan Surat Perjalanan Laksana Paspor (SPLP) yang hanya berlaku 1 kali perjalanan saja. Perjalanan itu hanya bisa dipakai untuk pulang ke Indonesia. Jadi gak bisa tuh kalau misalnya kehilangan di Eropa trus mau pergi jalan-jalan ke Singapura dulu karena pesawatnya transit di Singapura. Trus gimana dong kalau kita kehilangan paspor di Jerman padahal tiket pulangnya lewat Belanda? Kalau ini tidak akan bermasalah karena kita baru akan melewati imigrasi saat pulang dari Negara Belanda.

surat perjalanan laksana paspor
surat perjalanan laksana paspor . Pic dari imigrasi bekasi
Cara membuat paspor baru

Trus bagaimana cara mengurus dan membuat paspor yang hilang di luar negeri?

  1. Langsung laporkan ke pihak berwajib atau kepolisian setempat. Usahakan untuk melapor secepat mungkin untuk mendapatkan surat kehilangan. Di surat tersebut wajib ada nomor case kasusmu.
  2. Hubungi nomor hotline KBRI/KJRI setempat secepat mungkin. Nomornya bisa kamu dapatkan dari sms yang masuk ke nomor telpon genggammu saat kamu baru tiba di suatu Negara.
  3. Setelah kamu menghubungi pihak KJRI/KBRI, kamu bisa datang di hari apapun bahkan di hari sabtu atau minggu ke KJRI/KBRI terdekat dari kota tempat kamu kehilangan paspor. Alamatnya bisa kamu dapatkan dari sms. Sms tersebut akan kita terima di nomor ponsel Indonesia setiap kita tiba di suatu negara. Kamu juga bisa googling alamat KBRI/konjen terdekat
  4. Siapkan berkas-berkas yang diperlukan seperti laporan kehilangan dari kepolisian, Fotokopi Passport dan juga foto seukuran paspor.
  5. Biaya yang dikeluarkan untuk pembuatan paspor sementara ini berbeda-beda di setiap Negara Semuanya tergantung mata uang Negara tersebut. Namun biayanya berkisar USD 5,-
  6. Selama berkas di no 4 lengkap maka tidak membutuhkan waktu lama untuk membuat penggantinya. Oleh karena itu, ingatlah untuk selalu membawa Fotokopi passport saat perjalanan keluar negeri

Trus Fotokopi Visa untuk apa dong? Fotokopi visa ini untuk mempermudah pihak imigrasi Negara yang kita datangi agar mengecek kelegalan perjalanan kita. Sehingga kita tidak perlu khawatir akan bermasalah dengan pihak imigrasi Negara yang kita datangi.

Baca juga: Jungfraujoch, Top of Europe

Nah itu cara pembuatan paspor sementara atau SPLP saat kita kehilangan paspor di luar negeri. Saya berharap semoga tidak ada seorang teman traveller yang mengalaminya. Amin YRA.

Tapi ada gak dari teman-teman atau kenalannya yang pernah kehilangan paspor di luar negeri? kalau ada, tolong ceritain di bagian komen yaa

19 Comments

  1. Muhaimin

    October 11, 2019 at 11:27 pm

    Maaf numpang tanya saya kan punya splp bikin waktu mau pulang ke indonesia tahun 2015 karna paspor nya hilang waktu di malaysia.. nah sekarang mau ke sana lagi.. gimana cara buat nya lagi… Terima Kasih.

  2. lurus

    May 20, 2018 at 12:19 am

    mbak gimana ya kalau ketipu , tinggal sendiri dan paspor nya di bawa kabur?

  3. Semangatmuda

    April 15, 2018 at 11:02 pm

    Bagus banget tipsnya, mbak. Terutama harus bikin backup berupa fotokopian + foto ke pasangan/teman. Selama ini paspor & surat2 lainnya selalu saya sendirikan bawanya, tapi tetep aja kerasa ribet pas buru2. Kalau ada backup dokumennya kan jadi lebih aman

  4. Dahlia Madasya

    February 19, 2018 at 2:19 am

    Kejadian yang sama mbak,kamis kemarin saya dan suami serta beberapa teman nyebrang ke Singapore dari Batam,Rencana hanya PP,sorenya atau malam sudah balik lagi ke Batam. Pada saat akan beranjak pulang,baru ngeh kalau pasport suami hilang. Akhirnya ambil langkah awal langsung lapor ke Polisi setempat,dan Qodarullah…Esok jumatnya bertepatan dengan hari raya imlek, yg saya tau hampir semua kantor libur bahkan mall tutup seharian. Begitupun imigrasi (ICA) yang juga libur sampai minggu. Sehingga kami nggak bisa menyelesaikan semua urusan kehilangan ini baik ke imigrasi maupun ke KBRI. Akhirnya teman-teman yg lain pada pulang sore itu juga,sementara saya menemani suami di singapura menunggu kantor kembali buka hari senin.Kebayang kan seperti apa kecemasan saat itu dimana kami harus stay beberapa hari kedepan hanya dengan baju di badan? Alhamdulillah saya dan suami berusaha untuk tetap tenang dan menikmati liburan panjang tak terencana ini, dan berfikir positif selalu ada hikmah dan rencana Allah yang terbaik untuk kami. Selama menunggu kantor buka,saya terus browsing internet mencari informasi mengenai proses penyelesaian masalah ini,sembari menyiapkan persyaratan yang nanti diperlukan. Dan besok (senin) saya berharap Allah berikan kemudahan urusan kami dan masih berharap passport tersebut kembali ketangan kami dengan kuasaNya.
    Pembelajaran buat semua,Selalu simpan foto dokumen penting,apapun itu ke email,tentunya yg kamu sendiri yakin aman. Itu sangat membantu disaat seperti ini.selalu simpan pas photo 3 x 4 (6 lembar latar putih) foto copy pasport,foto copy Identitas (masing-masing 2 lembar) setiap bepergian keluar negri (itu adalah syarat untuk pasport yg hilang. Sehingga apabila terjadi kehilangan pasport,paling tidak kita sudah melengkapi sebagian dokumen. Tapi saya tetap berharap kejadian seperti ini tidak terjadi lagi,pada siapaun.

  5. meriel

    January 27, 2018 at 9:12 pm

    permisi mbak aku mau tanya, jadi aku kehiangan paspor di malaysia september lalu terus bisa pulang pake splp. nah yang saya mau tanya, cara mengurus pergantian paspor baru di keimigrasian indonesianya seperti apa kah mbak? apakah mbak tahu caranya? jika tahu, mau ga mbak hubungi saya via email andiqamariel@gmail.com ? saya akan sangat menghargai bentuan mbak. terimaaksih mbak..

  6. Tuty Queen

    December 24, 2017 at 11:20 am

    Iya ya kalau travelling cuma prepare passpor tapi kenapa nggak kepikiran fotokopinya sekalian ya. Thanks tips nyambak, jadi pengingat buat travelling nanti.

  7. Helena

    December 23, 2017 at 7:10 am

    jangan sampai deh kehilangan paspor di luar negeri. Udah deg-degan dikira ilegal.

  8. Ria

    December 20, 2017 at 8:48 am

    duh amit2 jangan smp deh mbaaaak… tapi yg soal fotocopy ini berguna banget krn selama ini gak pernah kepikiran utk bawa…

  9. Anindita Ayu

    December 17, 2017 at 12:28 am

    Kehilangan paspor di luar negeri itu ibarat kehilangan nyawa mbak. Jangan sampai kejadian pada kita dan orang-orang di sekeliling kita..

  10. Witri Prasetyo

    December 16, 2017 at 7:01 pm

    Belum pernah ke LN, TFS yah Mbak… Nambah pengetahuan

  11. ideannisa

    December 16, 2017 at 8:58 am

    Makasih mbak untuk tipsnya. Berabe memang kalau hilang nya di luar negeri secara negara orang, mau minta tolong cepat pasti butuh effort makanya lebih baik lakukan sesuatu sebelum kejadian hehhe. Makasih buat sharingnya

  12. April Hamsa

    December 16, 2017 at 7:59 am

    Alhamdulillah bisa diurus ya mbak. Tengkyu sharingnya, jadi aware kalau ke LN harus punya kopian2 dokumen TFS

  13. lendyagasshi

    December 16, 2017 at 12:18 am

    Waah…beneran kebayang paniknya niih…kalau sampai kejadian.
    Pernah sekali doank keluar negeri. Sendiri.
    Asiik banget, meskipun agak celingukan.

    Mau lagi….tapi kali ini sudah ada keluarga kecil.
    Semoga terlaksana.
    Aamiin.

  14. apura

    December 15, 2017 at 6:21 pm

    Aku belum pernah ke luar negeri. Jadi belum bikin paspor. Tapi ini artikelnya bagus banget, jadi tau kalau tiba-tiba di negara orang paspor kita hilang.

  15. Nova DW

    December 15, 2017 at 6:15 pm

    Belum pernah bikin paspor sih. Tapi informasinya sangat bermanfaat. Terima kasih mbak Lia ^^

  16. Nchie Hanie

    December 15, 2017 at 5:06 pm

    Mbayangin kalo ilang paspor pas kita lagi Travelling, merinding. Aku pernah ketinggalan sama dompet2nya pas makan di bandara Changi. Pas inget lagi pengecekan, balik lagi ke tempat makan alhamdulillah di simpan ntu dompet. Loncat2 seneng deh Mbaaaaa.

    Moga, kita ga teledor yaa..

  17. andyhardiyanti

    December 15, 2017 at 1:20 pm

    Save dulu deh. Sampai saat ini sih punya paspor aja belum euy. Huhuhu. Belum bisa ke luar negeri nih.

  18. hariekhairiah

    December 15, 2017 at 12:09 pm

    Kalau aku pasti langsung panik, trus nangis

  19. Annisa Rizki Sakih

    October 24, 2017 at 9:03 am

    Wah, makasih tipsnya ya mbak, bookmasrk dulu ini. Kalau –amit-amit– kehilangan paspor di LN jd ga panik lg

Leave a Reply