6 langkah yang harus kamu lakukan saat kehilangan PASPOR di Luar Negeri

Tidak ada seorangpun yang ingin kehilangan paspor. Baik itu saat masih ada di Indonesia apalagi saat travelling keluar negeri. Tapi yang namanya musibah tidak pernah ada yang tau. Seperti yang saya alami saat kehilangan paspor di Bandara Atarturk, Istanbul. Oleh karena itu, saya akan sharing cara mengganti paspor hilang di luar negeri.

Saat kita kehilangan paspor di Indonesia, mungkin kita tidak terlalu khawatir karena kita bisa dengan mudah mengurusnya ke kantor polisi dan juga kantor imigrasi.

Trus bagaimana kalau kita kehilangan passport saat liburan ke Luar negeri? Ini ada beberapa hal penting yang bisa kamu lakukan jika hal itu sampai terjadi. Info ini saya dapatkan dari seorang teman yang bekerja di Kemenlu RI jadi semoga infonya bisa membantu teman-teman yaa.

Baca juga: Berlibur ke Universal Studio, Osaka

Pencegahan

Hal penting yang harus kita lakukan terlebih dahulu adalah pencegahan dengan cara:

  1. Fotokopi passport dan visa kemudian bawalah fotokopi tersebut di dalam tas. Selain itu, kamu juga bisa memfoto berkas-berkas tersebut kemudian mengirimkan ke pasanganmu agar ada cadangan saat semua tas kamu hilang
  2. Simpan passport di tempat yang aman di dalam tas agar tidak mudah di copet.
  3. Jika kamu hendak berbelanja dan diminta passpor untuk mengisi formulir tax refund, kamu bisa menunjukkan fotokopi passpormu agar passpormu tidak sampai tertinggal. Apalagi jika kamu ikut travel tour yang memberikan waktu terbatas untuk berbelanja. Hal ini membuat kita lebih terburu-buru sehingga lebih ceroboh.
  4. Cek paspormu setiap hari saat sudah kembali ke hotel. Apalagi jika kamu hendak pindah ke kota lain. Kebayangkan kalau nyadarnya saat sudah berada di kota lain. Tentunya bakalan lebih rempong ngurusnya
  5. Jika kamu akan tinggal lebih dari seminggu di suatu Negara, ada baiknya kamu melapor ke KBRI/KJRI setempat. Sehingga jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan, kamu bisa cepat dibantu.
Surat Perjalanan Laksana Paspor

Ohh iyaa…Yang harus teman-teman ketahui yaitu saat kita kehilangan paspor di luar negeri dan mengurus penggantinya, kita tidak akan mendapatkan paspor baru seperti yang diberikan di Indonesia. Kita hanya akan mendapatkan Surat Perjalanan Laksana Paspor (SPLP) yang hanya berlaku 1 kali perjalanan saja. Perjalanan itu hanya bisa dipakai untuk pulang ke Indonesia. Jadi gak bisa tuh kalau misalnya kehilangan di Eropa trus mau pergi jalan-jalan ke Singapura dulu karena pesawatnya transit di Singapura. Trus gimana dong kalau kita kehilangan paspor di Jerman padahal tiket pulangnya lewat Belanda? Kalau ini tidak akan bermasalah karena kita baru akan melewati imigrasi saat pulang dari Negara Belanda.

surat perjalanan laksana paspor
surat perjalanan laksana paspor . Pic dari imigrasi bekasi
Cara membuat paspor baru

Trus bagaimana cara mengurus dan membuat paspor yang hilang di luar negeri?

  1. Langsung laporkan ke pihak berwajib atau kepolisian setempat. Usahakan untuk melapor secepat mungkin untuk mendapatkan surat kehilangan. Di surat tersebut wajib ada nomor case kasusmu.
  2. Hubungi nomor hotline KBRI/KJRI setempat secepat mungkin. Nomornya bisa kamu dapatkan dari sms yang masuk ke nomor telpon genggammu saat kamu baru tiba di suatu Negara.
  3. Setelah kamu menghubungi pihak KJRI/KBRI, kamu bisa datang di hari apapun bahkan di hari sabtu atau minggu ke KJRI/KBRI terdekat dari kota tempat kamu kehilangan paspor. Alamatnya bisa kamu dapatkan dari sms. Sms tersebut akan kita terima di nomor ponsel Indonesia setiap kita tiba di suatu negara. Kamu juga bisa googling alamat KBRI/konjen terdekat
  4. Siapkan berkas-berkas yang diperlukan seperti laporan kehilangan dari kepolisian, Fotokopi Passport dan juga foto seukuran paspor.
  5. Biaya yang dikeluarkan untuk pembuatan paspor sementara ini berbeda-beda di setiap Negara Semuanya tergantung mata uang Negara tersebut. Namun biayanya berkisar USD 5,-
  6. Selama berkas di no 4 lengkap maka tidak membutuhkan waktu lama untuk membuat penggantinya. Oleh karena itu, ingatlah untuk selalu membawa Fotokopi passport saat perjalanan keluar negeri

Trus Fotokopi Visa untuk apa dong? Fotokopi visa ini untuk mempermudah pihak imigrasi Negara yang kita datangi agar mengecek kelegalan perjalanan kita. Sehingga kita tidak perlu khawatir akan bermasalah dengan pihak imigrasi Negara yang kita datangi.

Baca juga: Jungfraujoch, Top of Europe

Nah itu cara pembuatan paspor sementara atau SPLP saat kita kehilangan paspor di luar negeri. Saya berharap semoga tidak ada seorang teman traveller yang mengalaminya. Amin YRA.

Tapi ada gak dari teman-teman atau kenalannya yang pernah kehilangan paspor di luar negeri? kalau ada, tolong ceritain di bagian komen yaa

1 Comment

  1. Annisa Rizki Sakih

    October 24, 2017 at 9:03 am

    Wah, makasih tipsnya ya mbak, bookmasrk dulu ini. Kalau –amit-amit– kehilangan paspor di LN jd ga panik lg

Makasi sudah membaca dan memberikan komen di tulisan saya. It means a lot to me biar makin semangat nulis. Please bantu share tulisan ini, siapatau tulisan ini bermanfaat untuk orang lain yang membutuhkannya.

%d bloggers like this: