Jangan ngaku KDrama Lover kalau belum nonton ini

Membahas tentang Kdrama apalagi kdrama populer rasanya gak pernah habis apalagi untuk pecinta Kdrama. Hampir setiap bulan, kita selalu disuguhkan berbagai jenis Kdrama terbaru dengan berbagai macam genre.

Banyak orang yang awalnya tidak tertarik dengan KDrama tapi akhirnya jatuh cinta dan menjadi fans setia Kdrama. Diantara ratusan Kdrama yang ada, beberapa Kdrama menjadi fenomenal tidak hanya di Korea Selatan tapi juga di dunia. Beberapa KDrama tersebut, sudah cukup lawas tapi masih berkesan untuk yang sudah menontonnya.

Apa aja sih KDrama yang fenomenal menurut saya?

  1. Winter Sonata

kdrama1d
Winter Sonata. Pic from google

Drama yang dibuat tahun 2002 ini, merupakan salah satu drama yang membawa Kdrama ke puncak popularitas secara global. Efek dari popularitas itu menjadikan Pulau Nami, yang merupakan lokasi syuting winter sonata, menjadi salah satu tempat wajib yang dikunjungi saat ke korea selatan. Di Pulau Nami juga dibuat patung dan spot foto untuk mengenang Winter sonata.

Winter sonata bercerita tentang sepasang kekasih dari jaman SMA yang akhirnya dipertemukan kembali setelah 10 tahun berpisah. Saat bertemu kembali, mereka tidak menyadari kalau orang tersebut adalah orang yang sama. Kisahpun berlanjut memperlihatkan perjuangan mereka untuk bisa bersatu.

Walaupun gaya berpakaiannya terasa jadul dan aktornya mungkin tidak seganteng actor jaman sekarang, tapi Winter Sonata ini masih layak banget untuk ditonton karena kekuatan cerita dan acting pemainnya.

nami 1
Nami Island. Ki : Patung winter sonata
DSC00813
Nami island. Lokasi adegan first kiss winter sonata
  1. Full House

kdrama 2c
Full House . pic dari google

Drama yang diperankan oleh Song Hye Kyo dan Rain ini dibuat di tahun 2004. Full house termasuk salah satu Kdrama yang mendorong Kwave menjadi semakin terkenal khususnya di Asia. Saking populernya sampai drama ini di remake oleh beberapa Negara Asia lainnya.

Sama seperti Winter Sonata, Lokasi syuting Full House yang berupa rumah di pinggir pantai menjadi salah satu spot wisata. Sayangnya, rumah tersebut sekarang sudah hancur.

Full house menceritakan bagaimana kesialan bisa berubah menjadi keberuntungan. Bercerita tentang seorang penulis naskah yang awalnya kehilangan rumah akibat ditipu oleh 2 orang sahabatnya. Penulis naskah tersebut akhirnya menikah kontrak dengan seorang actor demi mendapatkan rumahnya kembali.

Sedangkan Aktor tersebut memutuskan menikah kontrak demi mempertahankan harga dirinya di depan umum. Jalan cerita yang simpel tapi lucu dan menarik ditambah kekuatan acting dan chemistry antara Song Hye Kyo dan Rain membuat drama ini menjadi special.

  1. Boys Over Flower

Siapa yang masih ingat si menyebalkan Yoon Pyo atau si ganteng tapi cool Jo Hoo? 2 karakter tersebut ada di Boys Over Flower. Drama Boys over flower terinspirasi oleh Manga dari Jepang. Walaupun, sebelumnya sudah dibuat versi Taiwan juga Jepangnya, tapi Boys Over Flowers tetap fenomenal. Sama seperti pendahulunya, lokasi syuting drama ini juga menjadi tujuan wisata.

Boys over flower disiarkan di tahun 2009. Drama ini bercerita tentang 4 anak super kaya, dengan ketua gank Go Yoon Pyo, yang memiliki segalanya termasuk sekolah mereka. Akibatnya, mereka menjadi semena-mena terhadap teman-teman sekolah mereka. Tidak pernah ada yang berani melawan sampai Geum Jan Di datang.

Awalnya Yoon Pyo semakin sering membully Jan Di tapi lama-lama akhirnya dia jatuh cinta. Jo Hoo sendiri adalah dewa penyelamat Jan Di. Orang yang selalu membantu Jan Di saat dibully oleh anggota yang lain. Mungkin inilah drama pertama yang membuat orang-orang mengalami second lead syndrome akibat gak tega liat Jo Hoo.

Walaupun cerita drama ini mungkin agak lebay tapi siapa yang tahan melihat kegantengan 4 pemeran prianya? Penggemar Kdrama mana sih yang tidak mengenal Lee Min Ho dan Kim Hyun Joong? Kedua pemain ini menjanjikan wajah yang tampan dan acting yang bagus.

namsan tower
Namsan tower yg menjadi lokasi tempat bertemunya Jan Di dan Yoon Pyo
  1. Secret Garden

kdrama4b
Secret Garden. Pic from google

Cinderella story dalam versi lebih modern menjadi dasar banyak drama korea termasuk Secret Garden. Kdrama yang diperankan oleh Hyun Bin dan Ha Ji won ini bercerita tentang seorang CEO yang jatuh cinta kepada seorang stuntwoman. Kejadian aneh kemudian menimpa mereka berdua yaitu mereka jadi bertukar badan atau roh.

Kekuatan acting dan chemistry antara Hyun Bin dan Ha Ji won di drama ini tidak perlu dipertanyakan lagi. Keduanya membuat kita bisa merasakan apa yang ingin di sampaikan oleh drama tersebut. Walaupun inti ceritanya seperti cerita Cinderella tapi jalan ceritanya tetap unik karena dibumbui kejadian mistis saat mereka bertukar badan.

Efek dari kepopuleran drama ini membuat drama ini banyak memenangkan penghargaan. Selain itu, Kdrama Secret Garden diputar tidak hanya di Asia tetapi di beberapa Negara di luar Asia. Beberapa Negara lain juga membuat remake berdasarkan jalan cerita Secret Garden. Sama seperti Kdrama fenomenal lainnya, lokasi syuting kdrama ini menjadi spot wisata favorit.

DSC00956
Petite french yg menjadi lokasi pertama kali bertemu Ra-im dan Joo-won
  1. You Who Came From The Star

kdrama 5
You Who Come From the Star. Pic dari google

Bagaimana kalau Alien ganteng berusaha menjadi manusia selama ratusan tahun di Bumi? Selama ini, Dia selalu berusaha menjaga jarak dengan manusia. Hingga akhirnya takdir berkata lain. Kim So Hyun yang memerankan Do Min-joon akhirnya jatuh cinta kepada Song-Yi yang diperankan oleh Jun Ji Hyun.

Drama yang disiarkan tahun 2013 ini mempunyai jalan cerita yang unik dan tidak biasa. Kelakuan Song-Yi bisa membuat kita tertawa-tawa sementara kelakuan Min-joon bisa membuat kita gemas.

Sosok Min-Joon yang digambarkan sebagai alien yang mempunyai banyak kekuatan ala Superman ditambah sifat “cool”nya membuat jalan ceritanya tambah menarik.

Sama seperti Kdrama fenomenal lainnya, lokasi syuting drama ini seperti petite French menjadi tujuan wisata yang sangat popular di korea selatan.

DSC01021
Petite french. Lokasi syuting adegan Min Joon menerbangkan Suyin untuk kemudian ciuman
IMG_1540
Petite french dan poster K-drama yang syuting disini

Itulah 5 drama lawas yang menurut saya sangat fenomenal dan meninggalkan kesan mendalam di banyak pecinta drama. Beberapa drama fenomenal lainnya seperti Descendant of the Sun atau Goblin tidak saya masukkan karena masih cukup baru.

Teman-teman sudah nonton yang mana aja? Kalau kamu belum pernah menonton salah satunya, kamu bisa mencoba membuktikan apakah drama tersebut memang layak menjadi fenomenal

Menurut kamu, Apa Kdrama lain yang sudah cukup lawas tapi fenomenal dan wajib tonton bagi pecinta Kdrama? Yuuk…tinggalkan komen di bawah ini

ohh iyaa…kita juga bisa nonton KMovie selama perjalanan naik pesawat lohh. Baca tulisan mak Yesi tentang pengalamannya menggunakan inflight entertainment  di pesawat

 

 

 

 

11 Comments

  1. Dewi Ratih Purnama

    January 16, 2018 at 5:44 pm

    Di list ini baru nonton full house aja mba.. winter sonata wajib nonton bgt yaa..

  2. Annisa Dewi

    January 11, 2018 at 4:32 pm

    aku baru nonton yang you who came from the stars doang masaaa… secara aku anak baru kak. jadi banyakan nonton drama-drama baru atau on going. tidak bisakah aku dikatakan sebagai penggemar drakor?? huhuu

  3. Andi Mirati Primasari

    January 11, 2018 at 3:38 pm

    wow.. K-Drama lover wajib tau nih kak..

  4. Sinta

    January 11, 2018 at 12:23 pm

    Drama korea jaman dulu tuh bagus baguuus

    tp jujur aku belum selesai nonton winter sonata..

    princess hours juga bagi ku mayan fenomenal lia

  5. Ayi

    January 11, 2018 at 12:22 pm

    Yaah… Sayang banget rumah yang di Full House sudah hancur. Padahal keren sekali itu rumahnya… Saya bukan penggemar berat KDrama sih, masih lebih suka J-Dorama. Kalau KDrama paling cuma Full House, Jewel in The Palace sama Princess Hours yang favorit.

  6. Chacha Dwi

    January 11, 2018 at 9:40 am

    Check… Udah nonton semua 😀

    Akhir-akhir ini malah lagi suka nonton drama yg non-cinta2an. Misaeng, Age of Youth I & II, Signal, dll. Drama rada2 jadul hehe

  7. Nanie

    January 11, 2018 at 12:34 am

    Selain Winter Sonata, ada Jewel in the Palace dan Love Story ini Harvard, Kdrama jadul yang sa sukaaaaa sekali.

    Kalau Boys over flower, saya lebih suka versi Taiwannya sih 😀

  8. Ifa

    January 10, 2018 at 8:15 pm

    Saya suka dengan film korea karena cerita2nya yang seru dan tidak membosankan. Tidak hanya itu, kelihatan sekali kalau mereka juga concern ‘menjual’ objek wisatanya dengan memasukkan dalam scene drama yang kece. Branding produk teknologi seperti telepon genggam samsung juga tidak ketinggalan. Hehehe, soft selling yang bisa ditiru Indonesia, sekalian ganti sinetron2 yang tidak berfaedah 😅

  9. Fillyawie

    January 10, 2018 at 4:00 pm

    Saya berarti bukan penggemar sejati K-drama, soalnya cuma nonton yang no.2 😁, no.3 nonton sedikit2 doang. Ka Lia sudah nonton Chicago typewriter dan Tunnel belum, nah genre k-drama yang kayak gitu yang saya suka. #bukandramapercintaansejati 😂

  10. ichajunaedi

    January 10, 2018 at 3:53 pm

    jang geum, princess hours, coffee prince, apalagi yah? drama2 baru juga nda kalah keren sih..

    ketahuan drama lovers banget..! 😀

  11. ndypada

    January 9, 2018 at 6:09 pm

    Dulu jamannya nonton drama Korea berseri di tv, slalu dibikin penasaran kelanjutan ceritanya. Sekarang udah tinggal download hehehehe..

Makasi sudah membaca dan memberikan komen di tulisan saya. It means a lot to me biar makin semangat nulis. Please bantu share tulisan ini, siapatau tulisan ini bermanfaat untuk orang lain yang membutuhkannya.

%d bloggers like this: