Rammang-rammang, Salah Satu dari 3 Kawasan Karst Terbesar di Dunia

Ada yang pernah dengar tentang Rammang rammang Maros? Bukan remang-remang yaa hehehe. dan bukan juga ramang ramang

Mungkin belum banyak yang tau mengenai destinasi wisata rammang rammang di kota Maros. Awal mula saya mengetahui tentang Rammang rammang dari teman saya yang sedang berkunjung ke Makassar.

Padahal saya sudah tinggal di kota Makassar beberapa tahun *ketahuan bukan anak gaul hahahah. Teman saya menemukan tentang Rammang rammang Maros saat browsing di Instagram dan nemu foto kece Rammang rammang.

Rammang Rammang Maros

Konon katanya…kata Rammang rammang di dalam bahasa Makassar berarti kabut atau awan. Pemberian nama ini disebabkan karena kita bisa melihat kabut setiap subuh. Tidak percaya? Anda bisa membuktikan sendiri dengan datang di subuh hari.

rammang rammang view
Pemandangan rammang-rammang maros di pagi hari yang masih tersisa kabut

Rammang rammang Maros sendiri sangat unik karena merupakan salah satu dari pegunungan karst atau kapur di dunia. Tak banyak Negara yang mempunyai pegunungan kapur atau karst. Negara lain yang mempunyai pegunungan kapur atau karst yaitu Tiongkok dan Vietnam.

Jadi, kita tidak perlu jauh-jauh ke Vietnam atau Tiongkok untuk melihat pegunungan kapur atau karst. Dan yang pasti…Kita tidak butuh paspor untuk melihatnya…tinggal cuss…berangkat ke kota Makassar.

Lokasi Rammang rammang Maros

Letak Rammang-rammang sebenarnya bukan di kota Makassar tetapi di kota Maros. Namun demikian, turis lokal dan mancanegara lebih banyak yang memilih untuk menginap di kota Makassar karena lebih mudah aksesnya. Selain itu, lebih mudah menemukan akomodasi di Makassar.

rammang rammang maros view
Rammang-rammang Maros saat musim padi

Kita hanya butuh waktu 45-60 menit dari Makassar untuk mencapai dermaga perahu sungai pute dengan menggunakan kendaraan pribadi *dengan catatan gak macet parah yaa wkwkkw

Perjalanan dari kota Makassar bisa menggunakan jalan tol agar mempersingkat waktu tempuh dan menghindari macet yang biasa terjadi saat hari kerja. Setelah sampai di ujung tol yang menuju ke Bandara Sultan Hasanuddin, kita kemudian belok kiri menuju kota Maros dan Pangkep.

Teman-teman yang tidak ingin membuang waktu liburan, bisa langsung dari Bandara Sultan Hasanuddin menuju ke Rammang rammang Maros. Dari Bandara Sultan Hasanuddin, kita hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit untuk sampai di dermaga perahu Sungai Pute Rammang-rammang.

rammang rammang maros
Rammang-rammang Maros

Dari jalan poros Maros menuju Pangkep, belokan menuju Rammang rammang maros ada di sebelah kanan. Kita akan melihat plang besar dari semen Bosowa karena letak pabrik semen ini sejalan dengan jalan utama menuju rammang rammang maros.

Ikuti terus jalan menuju pabrik semen Bosowa hingga menemukan kantor PLN di sebelah kiri. Beberapa saat kemudian, kita akan bertemu dermaga menuju Rammang rammang maros di sebelah kiri jalan. Google Maps bisa digunakan walaupun terkadang sinyal yang ada suka timbul tenggelam. Jadi tidak ada salahnya untuk mengetahui perkiraan letak dermaganya agar tidak bablas.

Kita akan menaiki perahu kecil atau dikenal juga dengan perahu katingting dari dermaga. Biaya perahu tergantung oleh banyaknya penumpang yang akan menaiki perahu.

Tarif perahu antar jemput di Rammang rammang
  • kapasitas 1-4 orang : Rp 200.000
  • kapasitas 5-7 orang : Rp 250.000
  • kapasitas 8-10 orang            : Rp 300.000
  • liputan dan Prawedding : Rp.350.000
rammang rammang perahu
Atas: Pemandangan selama di sungai pute Bawah: Perahu yang digunakan untuk menuju Rammang-rammang

Perahu akan mengarungi sungai Pute kurang lebih 10 menit untuk sampai ke dermaga desa Rammang-rammang. Sepanjang perjalanan, kita bisa menikmati suasana sungai yang di kelilingi oleh tanaman-tanaman bakau dan pegunungan batu karst. Jika kita beruntung, kita bisa menemukan buaya *yang ini becanda wkwkwk . paling mentok juga lihat kadal diantara pohon-pohon bakau tersebut

Ada biaya retribusi sebesar Rp. 5.000 Yang harus dibayarkan saat sampai di dermaga desa Rammang rammang Maros. Biaya retribusi ini berguna untuk pemeliharaan dan pembangunan desa Rammang rammang.

rammang rammang petunjuk
Papan petunjuk arah di Rammang-rammang

Jika ingin menjelajah lebih jauh, dari sekedar foto-foto dengan latar belakang pegunungan kapur atau karst, kita bisa ke situs pasaung (kingkong stone), Ammarung yang merupakan pegunungan batu dan juga gua berlian (diamond cave).

Tak usah khawatir saat lelah dan haus karena banyak gazebo-gazebo penduduk yang menjual kelapa muda dan juga minuman dingin. Berasa lapar? Gak usah khawatir karena bisa memesan mie kuah atau mie goreng yang menggoyang lidah hehehe

rammang rammang stone hills
Atas: View dari Ammarung Bawah: Telaga bidadari

Kelapa muda dan mie goreng menjadi andalan saya saat melepas lelah setelah mendaki gunung batu. *maklum aja, umur gak bisa boong yaa…baru mendaki dikit udah berasa napas dan kaki mau copot wkwkwkkw . Tapi tenang aja…kelelahan itu terbayarkan setelah melihat view dan tentunya spot-spot foto yang instagramable banget

Waktu untuk mengunjungi Rammang-Rammang

Walaupun kita bisa mengunjungi Rammang-rammang Maros kapan saja tapi ada waktu-waktu yang terbaik untuk mengunjunginya. Kita sebaiknya berkunjung ke Rammang-rammang di pagi hari agar menghindari udara terik dan panas. Sebaiknya sudah tiba di Rammang-rammang sebelum jam 7 pagi. Sehingga masih punya waktu yang cukup panjang untuk explore Rammang-rammang tanpa harus khawatir udara panas yang menyengat.

Jika ingin mendapatkan pemandangan sunrise, kita bisa berangkat paling telat jam 4.30 subuh dari kota Makassar. Selain udaranya yang sejuk, suasana Rammang-rammang maros juga akan terasa lebih syahdu karena ada efek sunrise tersebut.

rammang rammang sore hari
Suasana menjelang sunset di Rammang-rammang

Pilihan waktu lainnya adalah tiba di desa Rammang-rammang Maros sekitar jam 4 sore. Udara yang sudah cukup sejuk tentu akan terasa lebih nyaman. Tapi sayangnya, kita tidak akan punya banyak waktu untuk explore desa Rammang-rammang tersebut. Sebagai penggantinya, kita bisa menikmati pemandangan sunset sepanjang sungai Pute. Jika beruntung, kita juga bisa melihat kawanan kelelawar yang keluar dari guanya untuk mulai mencari makan.

Baca Juga : Pantasi Losari Makassar

Akomodasi

Jika teman-teman berkunjung ke Makassar untuk menikmati destinasi wisata Rammang-rammang Maros, Hotel Santika Makassar bisa menjadi alternatif akomodasi yang sangat tepat.

Warga Makassarpun bisa staycation di Hotel Santika Makassar untuk menikmati suasana santai dan keluar sejenak dari rutinitas harian. Beberapa waktu yang lalu, saya dan keluarga memutuskan untuk staycation di Hotel Santika Makassar.

santika makassar 3
Hotel Santika Makassar . Pic dari agoda

Saya memilih untuk staycation di Hotel Santika Makassar karena suka suasana hotel dan makanannya. Sebelumnya, saya memang pernah mencoba makan siang bareng teman di sana.

Setelah browsing-browsing, saya memutuskan untuk membeli langsung di santika.com karena harganya lebih baik dari platform apapun. Apalagi tidak ada lagi biaya pajak dan juga biaya lain-lain.

hotel santika makassar
Ada yang hepi banget karena staycation di Hotel Santika

Kita juga bisa mendapatkan manfaat tambahan seperti Free Wifi, Free Breakfast dan fasilitas lainnya jika booking langsung di santika.com. Selain itu, saya tidak perlu khawatir kalau pesanan saya ternyata tidak diterima oleh hotel yang saya inginkan.

Untuk yang datang dari luar kota, Hotel Santika sangat rekomen karena letaknya di pusat kota dan dekat ke mana-mana. Hanya butuh waktu sekitar 5 menit untuk mencapai pantai Losari dan juga beberapa landmark kota Makassar. Enak bangetkaaaan.

Mau wisata kuliner seperti makan coto Makassar, Pallubasa, Sop Konro, atau Pisang Ijo juga gampang karena semuanya bisa dijangkau kurang dari 10 menit. Di depan hotel juga terdapat angkutan umum yang bisa membawa kita ke tempat tujuan wisata maupun wisata kuliner. Sehingga memudahkan untuk siapapun yang datang dari luar kota.

Baca juga: Festival F8 Makassar

Tipe Kamar

Ada beberapa pilihan kamar yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan akomodasi dan juga budget kita. Saya memilih Deluxe king saat staycation kemarin.

rammang rammang fasilitas kamar
Amenities yang diberikan di Hotel Santika Makassar. Kita gak perlu lagi bawa perlengkapan mandi

Kamarnya cukup luas untuk di tempati ber4 dengan si kembar. Tempat tidurnya juga luas dan nyaman untuk kami tiduri ber 4 sehingga tidak mengganggu kualitas tidur. Untuk saya pribadi, tempat tidur yang nyaman dan luas penting banget saat memilih hotel walaupun hanya staycation. Maklum aja…niatnya mau staycation biar refreshing… tapi kalau tempat tidur di hotel tidak nyaman nanti malah tidak bisa tidur nyenyak.

Masih ada beberapa pilihan kamar lainnya seperti deluxe twin, superior, santika suite dan executive suite. Jika anda sedang berbulan madu, anda bisa mencoba kamar suitenya yang lebih luas dan punya bathtub.

rammang rammang food 4
Beberapa makanan dan minuman yang sempat saya coba selama staycation

Soal makanan sih tidak perlu ditanya lagi karena makanan dan minumannya enak-enak. Saya sekeluarga sempat mencoba burger, sop buntut, asam garang dan juga sandwich. Favorit saya sih sop buntut karena buntutnya empuk banget sedangkan kuahnya pas rasanya di lidah.

rammang rammang food3
Menu breakfast yang lengkap

Salah satu yang menjadi concern saya saat menginap di hotel yaitu menu sarapannya. Alhamdulillah…menu sarapan di Hotel Santika memuaskan. Ada berbagai macam makanan lokal seperti coto Makassar, pisang epe dll. Kue-kue, buah dan berbagai macam makanan lainnya juga ada.

Baca juga: Pernikahan Bugis Makassar

Fasilitas Hotel

Salah satu tempat favorit saya di Hotel Santika yaitu Spermonde lounge. Lounge yang terletak di lantai 11 hotel mempunyai view yang menakjubkan. Ada rasa yang berbeda saat menikmati suasana kota Makassar dari ketinggian hotel. Sayangnya saat saya staycation sedang turun hujan sehingga kami tidak bisa menikmati sunset. Padahal kebayang gimana kecenya pemandangan kota Makassar dengan latar belakang sunset

rammang rammang santika malam
View Hotel Santika di malam hari

Loungenya juga seru dikunjungi di malam hari karena kita bisa duduk-duduk santai menikmati suasana kota Makassar ditemani oleh alunan live music. Bisa pacaran lagi deh ama paksu…*maksudnya..pacaran sambil direcokin si kembar hahahahah

Fasilitas lain yang ada yaitu fitness centre dan spa. Sayangnya saya tidak sempat mencoba spanya karena tidak bisa meninggalkan si kembar. Padahal view tempat saunanya super kece banget karena bisa melihat pantai dari ketinggian.

rammang rammang
saking nyamannya tempat tidurnya sampe posisi tidurnya pewe semua wkwkw

Staycation di Hotel Santika Makassar sungguh memuaskan jiwa dan raga karena walaupun bintang 3 tapi pelayanan, fasilitas dan suasananya lebih dari bintang 3. Tak menyesal untuk staycation walaupun hanya sebentar. Badan dan pikiran jadi fresh lagi setelah pulang dari staycation.

Jaringan Hotel Santika

Di Sulawesi sendiri, ada 2 hotel Santika lainnya yaitu Hotel Santika Luwuk- Sulawesi Tengah dan Hotel Santika Palu. Untuk teman-teman yang hanya transit di Makassar tetapi tujuan akhirnya Palu dan Luwuk, bisa banget untuk menginap di Hotel Santika yang ada di sana juga.

rammang rammang
View hotel Santika Palu
View dari kamar Hotel Santika Luwuk

Salah satu alasannya karena Hotel Santika merupakan jaringan hotel yang sudah tersebar di seluruh Indonesia dan Singapura. Mereka mempunyai standar yang sama untuk setiap hotelnya. Kita gak usah khawatir kalau kita akan mendapatkan pelayanan yang berbeda dari setiap hotelnya.

Secara…sudah jauh dari rumah…pengennya dapat hotel yang memuaskan biar gak terlalu berasa jauh dari rumahnya bangetkan yaa.

So…kemana tujuan liburan kamu berikutnya?

Hotel Santika Makassar

107 Comments

1. wisata alam

April 20, 2018 at 3:42 pm

kalo wisata ke sini mantap suasananya nih, keliatannya bener2 nampak asri & alami

2. Widy Darma

April 20, 2018 at 2:32 am

Aku suka banget nginep di santika, furniturnya pas buat orang indonesia, gak susah dipake. makanannya juga enak dan bervariasi. Jadi ada referensi deh, kalau pergi ke kota mana, suka cari hotel santika.

3. Dita Indrihapsari

April 19, 2018 at 10:28 pm

Pingin lagiii ke Rammang-rammang.. 😀 Kalo buat aku paling seru pas naik perahunya mba.. hehe.. Sayang dulu pas aku ke Makassar malah gak sempat nyoba kuliner-kulinernya. Emang mesti ke sana lagi nig kayaknya.. hehe..

4. wina azam

April 19, 2018 at 5:35 pm

Reviewnya komplit plit. Kemarin cuma buka nggak sempat komen. . Aseli ini bikin mupeng

5. Evi Fadliah

April 18, 2018 at 10:38 pm

Berbicara Makasar jadi inget teman kantor dulu kalau pulang kampung Idul Fitri, pasti balik ke Jakarta selalu dibawain kue2 khas Makasar.

Dari situ, jadi pengen banged mengunjungi kota Makasar, apalagi bisa mampir ke Rammang2 Maros ini, jadi tambah mupeng dech!!

6. Cici Desri

April 18, 2018 at 4:38 pm

kapan ya mba aku bisa terbang kesana, cakep banget deh scenery nya …

7. novennovrasilvia

April 18, 2018 at 3:47 pm

keren banget makasar, recomendedlah pokoknya 😊 jangan lupa mampir di www(dot)fames(dot)id ya 😉

8. rika widiastuti altair

April 18, 2018 at 1:37 pm

Wow Sulawesi keren ya Mbak. Kapan bisa ke Sulawesi ya. Salam kenal mbak.

9. Sulis

April 18, 2018 at 12:48 pm

Cakep banget ya mba viewnya.. hotelnya juga. Nyaman buat nginep..

10. Inge Maria Wibowo

April 18, 2018 at 12:40 pm

Wah jadi kangen makassar, dulu saya tinggal disana hampir 2 taun..tapi malah belum sempat ke rammang2,kudet nih..hahaha

11. Hani Khaerunnisa

April 18, 2018 at 11:02 am

Hai mba Lia.. Tulisanmu inspiratif sekali. #loveitmuch
    Semoga suatu hari berkesempatan dan diberi rizki lebih utk bisa ke Rammang Maros juga. Hotel Santikanya juga sepertinya nyaman sekali yaa..
    Nice review mba Lia.👍

12. Ririn Wandes

April 18, 2018 at 10:37 am

Wahhh
    Ini salah satu tempat impian saya.
    Jauh dari pulau Sumatera sih tapi aku pengen sekali kesini mbak.

13. sadewihandayani

April 18, 2018 at 10:33 am

Wah boleh nih liburan ke makassar tahun ini, makasih yah infonya kakak

14. Lizafathia

April 18, 2018 at 10:28 am

Komentarku masuk ga ya?

15. Lizafathia

April 18, 2018 at 10:27 am

Keren banget tempatnya mbak Lia. Ngomongin maros aku jadi ingat situs manusia purba. Temanku juga ada yang dari maros

16. Ria mustika Fasha

April 18, 2018 at 10:17 am

Waa aku naksir mau naik perahu dan foto cantik disana juga mbak.. Btw hotel nya kece bangett

17. Ivonie

April 18, 2018 at 10:04 am

Pemandangannya seger banget di rammang rammang Maros ini mbak.
    Benar-benar Indonesia kaya akan keindahan alamnya ya.
    Btw saya penasaran nih pengen juga nginep di hotel santika hehe

18. Pritahw

April 18, 2018 at 10:03 am

wow, pengen bgt suatu saat ke Makassar, cm sempet mampir di bandaranya doang 🙁

19. Beautyasti1

April 18, 2018 at 9:55 am

AKu juga pernah menginap di hotel santika, pelayanan nya ramah, hotel nya bersih, dan makanannya enak.. kalau ke makassar nanti aku pilih hotel santika aja deh mba

20. Untari travel notes

April 18, 2018 at 9:50 am

Sulawesi tuh impianku banget. Wisatanya beda dengan yang di pulau jawa. Hotel santika jg pasti ciamik lah. Semoga bisa kesana someday. Aamiin

21. Suci

April 18, 2018 at 9:48 am

Aduuh cakeep ada sawah2nya gatel pingin blusukan…

22. Heni Puspita

Wah syg banget bbrp waktu ikut suami di Manado sy blm smpt ke Makassar hihi.

23. Alfa

April 18, 2018 at 9:48 am

Pemandangannya indah banget ya di Rammang rammang. Kalau pas nengokin adik yang lagi sekolah di Makassar mau ah jalan-jalan ke sana.

24. Liamelqha

Tempat wisata Rammang Rammang Marosnya asri bangett. Cocok banget buat refreshing nih. Biasanya tempat wisata yang cantik, pasti lokasinya perlu usaha untuk ditempuh. Tapi worthed yah Mba. :). Staycation di Hotel Santikanya pun menyenangkanyah, makanannya bikin laper.. Hihi..

25. akpertiwi

April 18, 2018 at 9:46 am

Wah lengkap banget informasinya mbak, bolehlah jadi referensi kalau suatu hari nanti saya dikasih kesempatan ke Makassar 🙂

Indonesia ternyata kaya banget ya… masyaAllah, baru tau saya ada pegunungan karst di Indonesia, hehehe

26. rimaangelblogspot

April 18, 2018 at 9:42 am

Aku sering ke Makassar tp ga pernah ke daerah Maros gt sih dan disana cantik-cantik ya. Jadi mupeng .hihi

27. estisulistyawan

April 18, 2018 at 9:41 am

Bagus banget pemandangannya, mbk. Hotelnya juga bikin betah ya buat staycation. Mudah-mudahan ada kesempatan bisa mampir ke sana.

28. Stefanny Fausiek

April 18, 2018 at 9:38 am

Desa Rammang ini mas sih asri banget, pemandangan nya bagus

29. Nova DW

April 18, 2018 at 9:34 am

Salah satu kekayaan alam Indonesia yang menakjubkan. Subhanallah ^^

30. Nova DW

April 18, 2018 at 9:32 am

Satu lagi kekayaan alam Indonesia yg menakjubkan. Subhanallah ^^

31. Rahma

April 18, 2018 at 9:29 am

Liat artikelnya jd smakin merasa bangga dgn indonesia… begitu banyak ternyata tempat2 wisata yg blm pernah kukunjungi 😊 makasih artikelnya y mba…

32. Puspita Yudaningrum

April 18, 2018 at 9:18 am

Pertama kali dengar kars maros itu waktu SD pelajaran IPS dan sekarang sering banget baca” tentang tempat ini. Kujadi penasaran deh, tapi Makassar lumayan jauh dari Bengkulu huhuhhuu

33. Baiq Rosmala

April 18, 2018 at 9:17 am

Wah sunset view nya keliatan kayak di luar negeri eropa sana mba ^^

34. Alma Wahdie

Waah, keren banget rammang-rammang itu. Aku sering denger nama Maros dan Pangkep. Banyak temen yg asalnya dari sulsel. Enak juga ya bisa nginepnya di santika nanti. Starred duku ah, siapa tau nanti ada rejeki ke sana. Aamin

35. Wiwid

April 18, 2018 at 9:02 am

Wuiiihhh… Pemandangan nya luar biasa keceeeh.

36. inainong

April 18, 2018 at 8:14 am

aish keren ya pemandangannya… jadi pengen ke sana juga ☺

37. raynorkayla

April 18, 2018 at 8:13 am

aiiih bagus banget view nya mbak. Ga bakal nyesel deh staycation di sana. Tempat wisatanya juga bagus ya, aku belum pernah ke sana ih, pengen….

38. Putu sukartini

April 18, 2018 at 8:05 am

Cakep banget ya rammang2 ini
    Suasananya syahdu dan magis
    Pasti asik nih buat menyepi

39. Indri Noor

April 18, 2018 at 6:41 am

Seru banget liburannya mba, tempat liburannya kece, hotelnya asyik

40. Helena

April 18, 2018 at 6:35 am

Enaknya liburan ke Makassar. Nginep di Santika juga super nyaman. Haduh … Butuh liburan!

41. Na

April 18, 2018 at 6:30 am

Baru tahu ada karst juga di sini. Sepertinya ke arah Indonesia sblh timur byk ditemukan karst ya… Cakep cakep

42. Na

April 18, 2018 at 6:26 am

Baru tahu ada karst juga di sini. Tapi spt y ke arah Indonesia Timur kelihatannya memang byk karst ya.

43. Rita Asmaraningsih

April 18, 2018 at 6:10 am

Keren tempatnya ya? Kapan ya bisa ke sana?

44. Uli Hartati

April 18, 2018 at 5:59 am

Wah baru tahu rammang-rammang, indah banget mashaallah

45. Abby Onety

April 18, 2018 at 5:49 am

Duhai… Rammang Rammang, malu aku sebagai warga Makassar tp blom juga punya kesempatan mengunjungimu. But In Shaa Allah… dalam waktu dekat mau kesana. Setelah baca tulisan ini, keinginan berkunjungnya makin disegerakan hehehe…. tq Lia

46. hidayahsulistyowati

April 18, 2018 at 5:48 am

Cakep banget view nya, ternyata mesti naik ketimgting dulu untuk mencapai Rammang Rammang

47. Astrid

April 18, 2018 at 5:19 am

Ramang-ramang nya cantik banget. Asriii…

48. cputriarty

April 18, 2018 at 3:28 am

Destinasi wisata yg sangat eksostis di Sulawesi y mba

49. Latifika Sumanti

April 18, 2018 at 3:11 am

Kyaaaa….. Kalo hotelnya sekeren ini akupun betah mbaa, bersih, nyaman, fasilitas lengkap, view cakep pula 😀

50. Ucig

April 18, 2018 at 12:28 am

Asyik banget viewnyaaaa mbaa. Aku nggak nolak klo diajak ke sini. Eh hehee

51. Nunung Yuni

April 18, 2018 at 12:07 am

Waah pemandangannya indah ya Mbak. Jadi pengen ke Makasar. Hehehe. By the way nginap di Santika emang puas. Saya pas jalan ke Pulau Bangka 3 hari juga menginapnya di Hotel Santika Bangka. Jaringannya banyak dan ada dimana-mana.

52. Vindy Putri

April 17, 2018 at 11:52 pm

Pas staycation, anak-anaknya mbak tidurnya bisa pewe begitu ya… hihi

53. Miranti

April 17, 2018 at 11:35 pm

Wahh serunyaa.. Semoga kapan2 kami bisa traveling ke Makasar ya. Jadi penasaran sama karst nya.

54. Jalan-Jalan KeNai

April 17, 2018 at 11:34 pm

View hotel Santika bagus banget. Wisata Ramang-ramang juga indah. Indonesia memang cantik 🙂

55. Elly Nurul

Subhanallah Indahnya Rammang Rammang Maros.. Jadi ingin menikmati kota Makassar nih, belum pernah kesana.. Mau banget wisata ke Rammang Maros dan menginap di Santika Hotel Makassar, bakalan menjadi liburan yg menyenangkan

56. Retno

April 17, 2018 at 11:33 pm

Pernah lihat di tipi soal rammang rammang ini… emang keren tempatnya.
    Btw Hotel Santika… makanannya juga enak … pernah ngerasain yg di Malang, kalau di Makassar sih belum hihihi

57. Hairi Yanti

April 17, 2018 at 11:32 pm

Pemandangannya indaah banget. Takjub.

58. uchy sudhanto

April 17, 2018 at 11:24 pm

MasyaAllah bagus banget tempatnya mbakk

59. Dian Radiata

April 17, 2018 at 11:17 pm

Hotelnya nyaman banget.. Paling suka kalo staycation di hotel yang ada kolam renangnya, dan pilihan sarapannya beragam. Puas!

Btw, aku belum kesampaian nih mau ke Rammang-rammang

1. Muthmainnah Yuria

April 18, 2018 at 9:25 am

Hotelnya syantik seperti namanya..
      Bagus2 ya mb viewnya

60. Ruli retno

April 17, 2018 at 11:15 pm

Sudah 2x ke makassar tapi baru tU tempat ini. Aku paling penasaran mau liat langsung kabut saat subuhnya

61. Misu Pinku

April 17, 2018 at 11:10 pm

Jadi selama ini yang aku liat di foto itu Ramang-Ramang Maros ya mbak. Ga tau namanya haha. Cakepnya ampun, pengin ke sini tapi belum ada kesempatan juga.

62. Anindita Ayu

April 17, 2018 at 11:08 pm

Aku pun betah kalo staycation di sini mbak. Viewnya cakep!

63. Rahmah

Iihhhh cantik bangetttt.. Kapan bisa sampai kesini yahh 😍😍😍

65. Ika Maya Susanti

April 17, 2018 at 11:00 pm

Baru ini juga saya tahu di Maros ada tempat secantik itu. Kayak di Thailand ya Mbak kalau lihat foto-fotonya. Cakep banget!

66. Dzulkhulaifah

April 17, 2018 at 10:59 pm

Directionnya sungguuh lengkap mak. Buat jaga-jaga kalau google maps sedang tak bisa diajak kompromi hihi. Pemandangannya juga indah bangeeet, kuterpana huhuhuuu.
    Btw aku baru tau kalau di santikadotcom itu justru lebih murah yaa. Baiklah cusss…

67. nur rochma

April 17, 2018 at 10:51 pm

Bikin betah staycation disini ya mba. Cakep viewnya.

68. Irfa Hudaya

April 17, 2018 at 10:47 pm

Kapan ya bisa ke Sulawesi? Banyak tempat-tempat cantik di sana yang belum tereksplorasi ya?

69. Ika Puspita

April 17, 2018 at 10:35 pm

Aku sudah lama banget pengen bisa ke Sulawesi, terutama Makassar dan Luwuk. Semoga bisa kesana suatu hari

70. Amallia Sarah

April 17, 2018 at 10:33 pm

Aku juga suka jalan-jalan ke Makasar mbak, selain kuliner nya yang banyak, tempat Wisata nya juga keren2 hehe. Dulu wktu kerja, terbang ke Makasar aku bisa seminggu sekali menginap disana mbak. Alhamdulillah aku suka dan nyaman disana. Sebenarnya sih rindu banget kesana lagi cuma skrg maunya liburan aja

71. Anis Khoir

April 17, 2018 at 10:22 pm

Jujur aku baru baca nama Rammang2, tahunya cuma Maros.
    Foto2nya keren Mak

72. Mugniar

April 17, 2018 at 10:18 pm

Kalo Hotel Santiks sudah terpercaya, yah.

73. Julia Amrih

April 17, 2018 at 10:16 pm

Cantik banget ya Ramang-ramangnya. Makanan di hotelnya juga menggiurkan, semuanya saya suka. Suatu saat kalo punya rejeki mau keliling Makassar. Thanks for sharing Mba’. 🙂

74. apura

Mupeng aku kalau baca apa aja tentang Makassar. Impian banget bisa ke sana. Makasih loh rekomendasi wisata dan penginapannya. Semoga diperjalankan suatu hari nanti

75. Erin

April 17, 2018 at 10:15 pm

Woww…. ramang-ramangnya keren.
    Hotelnya juga.
    Semoga bisa berkunjung ke sini.

76. Irly

April 17, 2018 at 10:12 pm

Sudah pernah ke Rammang-rammang, sayangnya ndak bermalam di Santika.. Hehe

77. diane

April 17, 2018 at 10:05 pm

Kapan yaaa bosa ke Makassar lagi dam mampir ke Rammang rammang ini..

78. niaharyanto

April 17, 2018 at 10:01 pm

Wuih, cakep banget pemandangan Rammang-rammang ini. Aku baru tahu. Semoga banyak orang yang tahu tempat ini. Btw, pemandangan dari kamarnya juga juara. Kalo berkesempatan ke Makassar, bisa jadi referensi nih. Sukaaak. 🙂

79. tamasyaku.com

April 17, 2018 at 10:00 pm

Jadi makin penasaran sama Makassar. Makasih, mak tulisannya.

80. Lany

April 17, 2018 at 9:45 pm

Kereeeeeenn.. Makassar punya 😍😍😍👏👏😘😘😘👍👍👍

81. Rahma Amelia

April 17, 2018 at 9:36 pm

Kereeen.. Sangat informatif bunda.. 😊😘😘

82. Natasya

April 12, 2018 at 10:23 am

Liaa kalo aku ke makassar aku diajak kesini yaa

April 14, 2018 at 3:20 am

boleh bangeeet…yuuk main ke mks

83. Julie

April 12, 2018 at 9:53 am

Keceee banget ramang ramangnya, Thanks liputannya kak, lengkap dengan biaya 👍🏻

April 14, 2018 at 3:21 am

sama2. super rekomen banget

84. ideannisanisa

April 10, 2018 at 10:31 am

Wah pas banget ini, ada rencana mau ke Marros Makasar. Hotel ini bisa jadi rekomendasi aku dan teman-teman yang mau tugas kesana

85. April Hamsa

April 9, 2018 at 11:20 am

Wah enak kalau hotelnya deket obyek wisata ya mbak? Apalagi kalau yang berkunjung dari luar kota, bisa lebih hemat waktu dan biaya juga.

86. Nchie Hanie

April 6, 2018 at 12:17 am

Maaak..sumpeeh aku terpesona sama Rammang Rammang, indah banget.
    Kalo ada waktu dan kesempatan, insyaallah pengen ke situuh,

87. Faridilla Ainun

April 5, 2018 at 5:56 pm

Sekilas jadi ingat lembah harau yang di Sumatera Barat. Jadi pengen ke Sulawesi deh

88. rizkaedmanda

April 5, 2018 at 11:13 am

MasyaAllah cantiknya ya bebatuan karst… ternyata makassar ga cuma punya pantai losari

89. bloggergunung

April 5, 2018 at 1:22 am

Habis jalan2 naik gunung batu, naik perahu dan menikmati suasana alam emang enak langsung rebahan di hotel yang nyaman…
    Apalagi fasilitasnya menyenangkan ya
    Betah pokoknya, hehehe

Salam
    Okti Li

1. Lina W. Sasmita

April 5, 2018 at 8:57 am

Ini tempat impian aku banget. Semoga ada umur dan rejeki bisa main ke tempat ini.

April 5, 2018 at 10:31 am

aminn…ditunggu dimakassar yaa mba

2. Lia Djabir

April 5, 2018 at 10:32 am

iyaa mba…badan pegal jadi ilang semua

90. merida merry

April 4, 2018 at 10:23 pm

Pemandangannya cantiiiiik. Indonesia bener2 kaya ya mbaaak. Udah punya destinasi wisata seindah ini rasanya rugi kalo gak dikunjungi. Kalo bukan warga negara sendiri yg meramaikan siapa lagi ya mbaaak. Masa bule2 londo.

April 5, 2018 at 10:33 am

beneeer mba. ini ga butuh paspor lagi

91. Dunialingga

April 4, 2018 at 9:07 pm

Sekilas memang mirip di vietnam dan film3 kolosal tiongkok nih rammang2..jd penasaran mau main ksni jg..skalian jg staycation di santika pasti pewe bgt..

April 5, 2018 at 10:33 am

cuss mba…main ke makassar

92. atiqo

April 4, 2018 at 8:56 pm

wah keren banget ini reviewnya. Damn I love Indonesia 😍

April 5, 2018 at 10:34 am

liat langsung elbih keren lohh

93. Rach Alida Bahaweres

April 4, 2018 at 3:26 pm

Tahun ini aku berharap bisa mengunjungi tante di Makassar, mba. Dan pengen juga ke ramang-ramang. Nah aku pernah ikutin acara di Hotel Santika, mba. Yang aku suka, makananya enak enak banget. Nggak hambar 🙂

April 5, 2018 at 10:35 am

kalau main ke makassar berkabar yaa mba. jumpa2 kitaaa

94. Afifah Mazaya

April 4, 2018 at 3:23 pm

Suka banget sama pegunungan kapur. Di Indonesia juga cantik bangeeet.

April 5, 2018 at 10:36 am

iyaa mba…banyak spot2 wisata di Indonesia yang cantik cuma sayang kurang fasilitas

95. Monda Siregar

March 31, 2018 at 4:02 pm

semakin tergiur ingin ke Rammang-rammang .., deskripsinya mbak Lia lengkap banget
    apalagi aku belum pernah ke Sulawesi