5 Tips Anak Sehat Selama Liburan

Liburan bersama anak-anak tentunya menyenangkan dan memberi pengalaman tersendiri untuk mereka. Namun…terkadang kita perlu melakukan persiapan khusus agar anak-anak tetap sehat dan liburan berjalan lancar. Nah bagaimana tipsnya agar anak tetap sehat?

Jangan sampai liburannya rusak karena anak-anak sakit seperti yang saya alami. Suatu ketika saat liburan di Jakarta, Almira tiba-tiba demam tinggi dan kejang-kejang. beruntung saat itu kami cepat memberikan obat penurun demam sehingga kejang-kejangnya tidak berlanjut.

Pernah lagi…saat liburan dan tiba-tiba Jibran terkena serangan asma. Untungnya serangan asmanya tidak parah dan tidak perlu masuk rumah sakit. Makanya saya pengen share tips agar anak-anak tetap sehat selama liburan. Jadinya kita tetap bisa enjoy liburan tanpa khawatir anak menjadi sakit.

Tips agar anak tetap sehat selama liburan

  1. Vitamin

Biasanya beberapa hari sebelum berangkat liburan, Saya akan memberikan tambahan vitamin untuk si kembar. Tujuan pemberian vitamin ini agar daya tahan tubuh mereka meningkat. Saya juga akan memberikan vitamin selama masa liburan karena biasanya makan dan istirahat mereka tidak teratur.

  1. Istirahat yang cukup

Beberapa waktu sebelum pergi liburan, saya selalu mengurangi kegiatan dan juga aktivitas fisik si kembar. Jangan sampai mereka bermain yang terlalu heboh sehingga mereka akhirnya kecapean sendiri.

Aktifitas berenang juga biasanya saya hilangkan karena mereka lebih mudah terkena batuk pilek setiap abis berenang. Tidur siang menjadi istirahat wajib sebelum pergi liburan karena biasanya tidur siang mereka tidak teratur saat liburan.

Selama liburan, saya selalu mengusahakan mereka untuk tetap tidur siang sebentar walaupun hanya di stroller. Di malam haripun, saya selalu meminta mereka untuk cepat tidur dan tidak terus bermain.

  1. Nutrisi yang cukup

Saat liburan biasanya saya selalu membawa bekal makanan yang cocok untuk Almi Jibran apalagi saat kami pergi berkemah ataupun pergi ke Luar negeri. Almira yang picky eater harus lebih diperhatikan bekal makanannya dibandingkan Jibran yang bisa mencoba dan memakan berbagai macam makanan.

Selama liburan, saya juga selalu menawarkan cemilan seperti buah atau cracker agar mereka tidak sampai kelaparan dan buntut-buntutnya jadi cranky dan juga gampang sakit.

Baca juga: Hotel Pullman Bali

  1. Air Putih

Seringkali saat kita liburan, kita tidak terlalu memperhatikan asupan air putih untuk anak-anak sehingga mereka mudah dehidrasi dan akibatnya mudah lelah.

Asupan air putih atau cairan apapun harus di pantau terus setiap harinya. Saya sendiri selalu membawa botol minum untuk setiap anak agar saya memantau seberapa banyak yang sudah mereka minum

Baca juga : Glamping bersama si kembar

  1. Jadwal jalan-jalan

Ritme liburan bersama anak tentunya akan berbeda dengan ritme saat kita liburan tanpa anak. Apalagi saat kita liburan ke luar negeri. Seringkali kita ingin melihat dan mengunjungi sebanyak mungkin tempat. Yang harus diperhatikan yaitu apakah anak bisa tetap istirahat selama seharian jalan-jalan.

Untuk anak yang masih memakai stroller tentunya bisa istirahat di stroller. Berbeda dengan anak yang sudah agak besar dan tidak bisa memakai stroller lagi hingga kita harus mengatur jadwal agar anak tidak kecapean jalan.

Yang harus diingat saat anak sakit pas liburan yaitu jangan mudah panik. Apalagi saat kita liburan di Luar negeri. Kita bisa memberikan obat-obatan yang kita punyai sambil memantau keadaan anak kita.

Baca juga: Rammang rammang Maros

Kita juga tidak usah memaksakan untuk mengikuti semua itinerary yang sudah dibuat dan sebaiknya membiarkan anak istirahat dulu di hotel. Jangan sampai keadaan anak bertambah parah karena kecapean.

Pada akhirnya…kondisi setiap anak dan keluarga tentunya berbeda beda. Dan yang paling mengerti tentang kondisi anak dan keluarga kita adalah kita sendiri. Lakukan yang terbaik menurut ibu-ibu di saat kondisi darurat.

ohh iyaa…teman-teman yang ingin tahu bagaimana tips mendampingi anak saat menghadapi ujian, bisa baca tulisan mak ndy di web emak2blogger .

Jadi…kemana teman-teman dan keluarga berencana liburan? Apa yang teman-teman lakukan untuk mencegah anak sakit saat liburan? Ditunggu sharingnya yaa

 

 

10 Comments

  1. zaki

    February 8, 2019 at 1:26 pm

    mbak kalau boleh tau vitaminya apa ya yang diberikan ke anak

  2. sari

    February 2, 2019 at 10:59 pm

    saya membiasakan anak saya untuk minum air putih karena manfaatnya banyak sekali untuk kesehatan

  3. Jalan-Jalan KeNai

    September 11, 2018 at 9:17 am

    Memang paling gak enak deh kalau jalan-jalan trus ada yang sakit. Apalagi kalau yang sakit itu anak. Tipsnya sama, Mbak. Tetap harus dijaga kesehatan anak selama traveling, ya 🙂

  4. untari

    July 22, 2018 at 2:30 pm

    Bener banget air putih harus selalu ready apalagi kalo wisata di daerah panas kan gampang keringetan. Bahaya pula kalo sampe dehidrasi

  5. Amallia Sarah

    April 25, 2018 at 4:07 pm

    Aku juga selalu sedia air putih mbak di tas yang aku bawa sendiri dari rumah. Apalagi kalau bawa anak, wajib banget

  6. Rahmah Chemist

    April 25, 2018 at 3:29 pm

    Pas nih buat saya yang sering banget dapetin anak drop kalau udah banyak jalan
    Liburan sebentar lagi nih dan pastinya Ramadon juga insya Allah

  7. sunardi

    April 18, 2018 at 2:11 pm

    Penting juga untuk menyiapkan perlengkapan si anak, jangan sampai ketinggalan atau kehabisan, misal diapers dan lainnya.

  8. ninda

    April 14, 2018 at 2:50 am

    emang nggak mudah juga ya mbak menjaga anak tetep sehat lah kita sendiri aja habis jalan2 bisa tepar kecapean hehe

  9. Wuri Nugraeni

    April 6, 2018 at 9:25 am

    Makasih tipsnya. Anakku kalo traveling kok setahun ini pulang2 langsung panas. Kayaknya perlu lakuin poin 1. Dan poin 5 jgn disamakan dg kekuatan traveling Ibunya hahaha

    1. Lia Djabir

      April 14, 2018 at 3:22 am

      hehehe iyaa mba. kadang kita suka gak sadar

Leave a Reply