Jajanan Khas Bandung yang bertahan selama 20 tahun

Kota Bandung sangat terkenal dengan wisata kulinernya. Dengan berbagai jajanan khas Bandung yang enak-enak, membuat orang-orang datang ke Bandung setiap minggunya.

Tidak hanya jajanan khas Bandung tapi Bandung juga penuh dengan café-café cantik dan instagramable yang membuat kita tergoda untuk selalu mencoba. Kita tinggal menyesuaikan dengan kegemaran dan budget kita.

Jajanan Khas Bandung

Namun entah kenapa…jajanan khas Bandung yang sudah ada semenjak jaman dahulu kala atau jajanan tempo doeloe masih lebih menarik perhatian saya. Jajanan khas Bandung yang sudah ada semenjak saya bersekolah SMA di Bandung pada awal tahun 90an (ketahuan kan umurnya wkwkwkw) selalu punya daya tarik tersendiri di tengah gempuran café-café ciamik yang bertebaran di kota Bandung.

Jajanan khas Bandung inilah yang biasanya selalu saya cari setiap saya datang ke Bandung untuk bernostalgia. Nostalgia jaman-jaman SMA dan kuliah pas lagi PDKT ama mantan #ehh #semoga suami gak baca ahahhahaha

Ada beberapa jajanan khas Bandung yang sudah ada semenjak tahun 90an dan bertahan hingga sekarang. Beberapa masih laris di tengah gempuran café-café dan semakin beragamnya pilihan makanan di Bandung. Tetapi ada juga yang sudah mulai dilupakan bahkan oleh masyarakat Bandung sendiri.

  1. Yoghurt Cisangkuy

    Tempat makan yang terletak di jalan Cisangkuy Bandung ini sangat hits di tahun 90an. Tempat ini merupakan tempat nongkrong asyik untuk anak muda pada jaman itu. Saat ini, Yoghurt Cisangkuy masih terkenal dan cukup rame. Apalagi di saat wiken atau musim liburan. Minuman khasnya yaitu berbagai macam yoghurt masih bisa kita nikmati di sana. Minuman favorit saya dari dulu hingga sekarang yaitu yoghurt lychee yang rasanya tidak berubah banyak walaupun sudah 20tahun berlalu.

     

    jajanan khas bandung yoghurt
    Beberapa macam yoghurt cisangkuy. pic anekatempatwisata

    Saat ini, Yoghurt Cisangkuy bekerjasama dengan pedagang kaki lima yang menjual berbagai macam makanan dan jajanan khas Bandung di depan cafenya. Kita bisa memesan berbagai jajanan tersebut kemudian ikutan numpang makan di Yoghurt Cisangkuy. Jangan lupa untuk memesan Yoghurtnya yaa. Siapatau ketagihan #ehhh

    jajanan khas bandung cisangkuy
    Suasana Yoghurt Cisangkuy. pic jotravelguide
  2. Mie Baso Akung

    Saya baru mengenal mie yamin manis dan asin saat bersekolah di Bandung. Jajanan khas Bandung ini dengan cepat menjadi makanan favorit saya. Salah satu tempat makan mie yamin favorit yaitu mie Baso Akung. Dari jaman dahulu kala saat dia masih jualan kaki lima di daerah GOR Saparua hingga sebesar sekarang di jalan Lodaya.

    jajanan khas bandung
    Lokasi Baso Akung saat ini. pic google

    Mie yamin manis cekernya selalu membuat ketagihan dan membuatku ingin kembali *jadi pengen makan mie yamin. Buat teman-teman yang ingin merasakan enaknya mie baso akung, bisa datang setiap hari kecuali hari jumat. Karena mie baso akung biasanya tutup setiap hari jumat dan selama bulan puasa Ramadhan.

    jajanan khas bandung akung
    Mie yamin manis dengan ceker – pic dari google

    Baca juga : Glamping di Sari Ater, Lembang

  3. Jalan Macan

    Jangan bayangkan café hits ataupun tempat yang instagramable jika ke tempat makan di jalan macan ini. Jalan macan ini merupakan rumah yang dipakai untuk menjual berbagai jajanan khas Bandung.

    jajanan khas bandung
    Lokasi jalan macan-pic dari google

    Mulai dari lotek, kolek ubi dan pisang, rujak serut, candil, bubur sumsum dan masih banyak lagi jajanan lainnya. Setiap kali kesini, selalu membuatku lapar mata dan alhasil memborong berbagai jenis jajanan khas Bandung yang enak-enak dan membuatku gagal diet. Gak usah khawatir soal harga karena harganya sangat terjangkau.

    jajanan khas bandung
    Berbagai jajanan di jalan macan -pic dari google

    Jika teman-teman ingin mencoba jajanan khas Bandung yang tidak penuh dengan wisatawan tapi penuh dengan orang lokal Bandungnya, jalan macan ini bisa menjadi alternatif.

  4. Rasa Bakery and Cafe

    Café yang terletak di jalan Tamblong Bandung ini juga sudah ada dari jaman dahulu kala. Tempatnya yang berada di gedung ala kolonial Belanda membuat bangunan Café ini cukup khas.

    jajanan khas bandung
    Tampak depan cafe rasa -pic dari google

    Tidak hanya tempatnya yang khas tapi rasa es kirmnya pun khas banget. Katanya sih…es krimnya ala-ala es krim belanda jadi tastenya berbeda dengan es krim ala gelatonya itali. Selain es krim, Rasa Bakery and café ini juga menjual berbagai kue-kue dan jajanan yang enak dan menggoyang lidah.

    jajanan khas bandung
    es krim di rasa cafe – pic dari google
  5. Kue Cubit dan Lumpia Basah

Di tengah maraknya kue cubit beraneka rasa dan warna, sesungguhnya kue cubit sudah menjadi jajanan khas Bandung semenjak dahulu kala. Saat itu, kue cubit paling hanya ada rasa coklat yang di taburi meses.

Tapi entah kenapa…rasa original ini masih menjadi favoritku dan aku pribadi masih lebih suka beli kue cubit yang dijual mang-mang penjual di pinggir jalan. Dengan harga yang tidak sampai sepersepuluh dari kue cubit yang dijual di mall-mall atau café-café, kue cubit mang-mang penjual ini rasanya pas di lidah *mungkin lidahku yang aneh yaa?

jajanan khas bandung
Kue cubit -pic google

Jajanan khas Bandung lainnya yang selalu aku cari setiap datang ke Bandung yaitu lumpia basah. Makanan yang terbuat dari toge, rebung dan orak arik telur ini termasuk dalam list jajanan khas Bandung yang wajib aku makan setiap ke Bandung.

Bahkan jaman hamil dan ngidam dulu sempat ngidam lumpia basah ini. Beruntung salah satu adik masih bolak balik Bandung sehingga dia rela membawakan lumpia basah untuk kakaknya yang ngidam berat.

jajanan khas bandung
Lumpia basah-pic google

Baca juga : Resep Mudah membuat kue kering tanpa Oven

itulah beberapa jajanan khas Bandung yang sudah ada semenjak belasan bahkan puluhan tahun yang lalu tapi masih eksis hingga saat ini. Jajanan-jajanan ini mungkin sudah tidak hits lagi di kalangan kaum muda sekarang ini. Namun… selalu mempunyai tempat di hatiku dan mungkin beberapa teman yang pernah bersekolah di Bandung di era tahun 90an.

Ada yang pernah sekolah di Bandung atau suka main ke Bandung? Apa yang menjadi jajanan khas Bandung Favoritmu yang sudah ada dari sejak dulu kala?

 

 

16 Comments

  1. Siska Dwyta

    March 6, 2019 at 10:57 am

    Belum pernah ke Bandung kak, pengen banget deh ke sana tapi sampai saat ini belum ke sampaian. Klu ke sana nanti pastinya saya bakal cicipin jajanan khasnya apalagi yang kue cubit itu deh. Penasaran deh saya sama rasanya.

  2. andyhardiyanti

    March 6, 2019 at 10:14 am

    Pernah 2 kali ke Bandung, tahun 2015 dan 2016. Tapi belum pernah ke tempat-tempat yang disebutkan di atas. Kalau ditanya makanan favorit sih, saya sukanya Batagor. Itu dari Bandung juga kan?

  3. Rara

    March 6, 2019 at 8:41 am

    Nomer 1 dan 2 pernah, tapi kalau kulineran di Bandung yang rutin saya datangi kalau ke sana sanaah: Batagor Abuy!!! Ndak bisa pulang kalau ndak mampir hihihi.. trus untuk beli ole olenya pasti di Prima Rasa 😀

  4. Daeng Ipul

    March 5, 2019 at 2:52 pm

    deh Bandung itu percaya atau tidak, baru dua kali saya datangi hahaha
    jadi ya saya kurang mengenal Bandung dan kulinernya.
    dan dari semua yang ditulis di atas, tidak satupun yang saya kenal
    hiks

    dan seperti komentar standar di artikel wisata lainnya, saya cuma mau bertanya; kapan ya saya ke Bandung?

    😀

  5. Eryvia Maronie

    March 5, 2019 at 9:59 am

    Dududuuu… Itu kue cubitnya menggemaskan banget deh, langsung pengen cubit dan masukin di mulut. Hap! Nyam..nyam..nyam…

    Btw, Bandung emang selalu ngangenin. Ya suasananya, alamnya, kulinernya, semuanya!

  6. Iyan

    March 4, 2019 at 11:59 pm

    Saya penggemar bakso, tapi blm pernah coba mie manis dan asin. Semoga kalau ada jodoh ke bandung bisa cobain kak

  7. Ardian

    March 4, 2019 at 7:30 pm

    Oiya aku baru ingat Mie Yamin yang pernah aku coba beberapa hari yang lalu itu mie khas Bandung kan? Gila enak bener, dari semua macam jenis mie mie Yamin paling mantap sih haha.

  8. sluggishjourney

    March 4, 2019 at 4:38 pm

    Bandungggg,,, sejak masih di bangku kuliah mau ke sana tapi belum kesampaian.hehe

    Berbicara soal makanan, mungkin saya adalah orang yang paling kuat makan tapi memiliki tubuh yang kecil haha. Kalau ke Bandung nanti insyAllah harus cobain makanan2 di atas hehe

  9. Mugniar

    March 4, 2019 at 3:38 pm

    Mie yamin manis? Manis memang rasanya?

    Ddeh, kuliner Bandung sudah lama terkenalnya. Saya pernah ke sana tahun 99 dan 2000, pernah lihat yoghurt-nya di toko-toko kecil dijual. Waktu itu, di Makassar belum ada seingatku yang jual yoghurt. Lama pi setelah itu baru ada yoghurt kemasan.

  10. Adda

    March 4, 2019 at 3:01 pm

    Jaman kuliah di Bandung, happening sekali berkunjung ke tempat-tempat ini di lanjutkan dengan nongkrong sampai lupa waktu. Sekali waktu jika kembali ke Bandung, saya sesekali masih mengunjungi tempat yang hits jaman dulu yang saat ini masih ada. Btw, Kak Lia dulu sekolah dimana?

  11. lelakibugis.net

    March 4, 2019 at 2:01 pm

    pernah masuk di Rasa Bakery dan Cafe ini, tempatnya asik dan memang es krim dan kue-kuenya enak di lidah..

  12. Cikasur

    July 17, 2018 at 10:21 pm

    Udah lama ga pulang bandung.. jadi rindu yoghurt cisangkuy

  13. yhanthy

    May 11, 2018 at 12:34 am

    Jajanan Bandung yang zaman old, tetap ngangenin kan kak =D

  14. Sandra Nova

    April 3, 2018 at 11:27 am

    wah bisa jadi referensi kalau ke Bandung nih.. hahahaha aku jarang eh dan utk beberapa tempat malah ngga pernah kesemua tempat diatas hahahaha orang Bandung macam apah akuuuh 😀

    1. Lia Djabir

      April 5, 2018 at 10:37 am

      wkwkwkkw…kamukan lama di Jakarta mak. apalagi tinggalnya di daerah atas, makanya mungkin jarang ke daerah bawah

Leave a Reply