Kenapa Harus Ikut Gerakan Berbagi #BukuUntukIndonesia?

Kenapa Harus Ikut Gerakan Berbagi #BukuUntukIndonesia?

Ada sesuatu yang berbeda dikegiatan saya pada Hari minggu tgl 23 juli 2017 kemarin. Biasanya, hari minggu merupakan hari bersantai untuk saya dan jadwal bangunpun lebih siang. Lebih enak peluk-pelukan ama suami dan anak dulukan…mumpung libur. Padahal sih pemalesan aja wkakkaka

Tetapi hari minggu kemarin, jam baru menunjukkan pukul 6 pagi saat saya sudah siap untuk jalan santai bersama BCA.

Hari minggu tersebut merupakan hari yang special karena ada acara Fun Walk BCA. Fun walk ini tidak hanya sekedar olahraga tetapi ada misi sosial yang sangat bagus di balik acara ini. Misi sosialnya yaitu gerakan #BukuUntukIndonesia. Apa itu gerakan #BukuUntukIndonesia? Ini berangkat dari keprihatinan akan minat baca di Indonesia yang sangat rendah. Lewat gerakan ini, BCA mengajak masyarakat untuk berbagi dan kemudian dana ini akan dikonversikan menjadi sejumlah buku yang disalurkan ke lebih dari 100 titik di Indonesia. Yeayyy…It’s really good cause,is not it!!

PT Bank Central Asia Tbk berkomitmen untuk menumbuhkan kembali minat membaca pada anak-anak di seluruh pelosok Indonesia. Hal ini sangat penting mengingat hasil survey mengatakan, minat membaca Indonesia merupakan peringkat ke 60 dari 61 negara yang disurvei. Sedih bangeeetkan *cry*

Padahal menurut pendapat saya pribadi, membaca itu sangat penting untuk membuka cakrawala wawasan dan pola berpikir kita. Saya sendiri sudah dibiasakan membaca semenjak kecil. Saya tumbuh dewasa ditemani berbagai macam buku. Karya-karya Enid Blyton seperti Lima Sekawan, Pasukan Mau Tau, Malory Towers, St Claire merupakan bacaan saya semenjak kecil. Begitu juga hasil karya penulis-penulis lainnya. Sayapun menjadi terinspirasi oleh karya-karya tersebut dan selalu berani mencoba hal yang baru. Makanya saya sangat excited saat mengetahui misi sosial dibalik acara funwalk ini.

Peserta Funwalk sedang bersiap-siap untuk memulai jalan santai

Acara funwalk dimulai tepat pukul 7 pagi. Pelepasan peserta funwalk dilakukan oleh Gubernur Sulawesi Selatan, Bapak Syahrul Yasin Limpo. Para peserta funwalk terlihat sangat antusias. Tidak hanya orang dewasa tetapi banyak anak kecil yang mengikuti acara funwalk ini.

Peserta Funwalk sedang berzumba

Setelah peserta kembali dari funwalk, acara kemudian dilanjutkan dengan berolahraga Zumba dipimpin oleh beberapa instruktur Zumba dan juga pembagian door prize. Hadiah door prizenya banyak banget dan keren-keren lohh!! Ada yang dapat sepeda lipat, TV LED, kompor, mesin cuci, kulkas dan masih banyak hadiah lainnya.

Beberapa pemenang door prize yang beruntung

BCA juga melakukan sosialisasi program “Buka Rekening Bertaburan Hadiah” yang berlangsung mulai Mei – September 2017. Masyarakat yang membuka rekening tabungan di BCA (Tahapan, Tahapan Gold, Tapres) pada periode tersebut berkesempatan untuk membawa pulang hadiah berupa 1 mobil Toyota Sienta atau 30 TV LED Samsung. Berita yang mengejutkannya adalah….1 mobil Toyota Sienta dan 30 TV LED Samsung tersebut khusus untuk wilayah Sulawesi Selatan. Wowww bangeeetkan….peluangnya jadi semakin besar.

Pelepasan Balon sebagai tanda sosialisasi Buka Rekening Bertabur Hadiah

Acara kemudian dilanjutkan dengan penyerahan donasi buku. Pihak BCA diwakili Kepala Kantor Wilayah IV BCA Frengky Chandra Kusuma, Kepala BCA KCU Makassar Widy Tarmizi, dan Kepala BCA KCU Panakukkang Anggraeni Tedjokusumo memberikan donasi buku secara simbolis ke 11 sekolah yang diwakili oleh kepala sekolahnya. Kesebelas sekolah tersebut adalah SDN Balang Baru, SDN KIP Bara-baraya II, SDN Inpres Borong, SD Negeri No 11 Bontojai, SDN Inpres Barombong 03, SD Inpres/Negeri BTN Pemda, SD Labuang Baji II, SDN Mamajang I, SD Inpres Gontang, SD Inpres Lanraki 2 dan SDN 178 Inpres Lamangkia.

Bpk Frengky menyerahkan buku secara simbolis

Pada acara ini, BCA juga mengadakan talkshow untuk mengedukasi masyarakat mengenai pentingnya minat membaca buku. Talkshow ini menghadirkan narasumber Duta Baca sekaligus Presenter “Kick Andy” Andy F. Noya, Kepala Kantor Wilayah BCA Frengky Chandra Kusuma dan Vice President Kerjasama Transaksi Perbankan BCA Liza L. Widyasari.

Ada yang seru saat mas Andy F. Noya berbicara karena beliau ternyata sempat menghabiskan masa TK-nya di Makassar. Sehingga beliau selalu merasa seperti pulang kampung setiap kali datang ke Makassar.

Mas Andy F. Noya

Mas Andy F. Noya berpesan untuk menumbuhkan minat baca kepada anak semenjak dini bahkan sebelum mereka bisa membaca buku. Caranya simpel aja, cukup bacakan dongeng kepada anak sehingga mereka tertarik untuk mengetahui lebih lanjut.

Hal ini dulu dilakukan ibu saya sehingga kami bersaudara lebih tertarik untuk membaca buku. Ini menjadi pengingat untuk saya agar saya juga bisa membiasakan Almira dan Jibran untuk tertarik membaca semenjak mereka kecil.

Bapak Frengky sebagai salah satu narasumber bercerita kalau dalam rangka HUT ke-60, BCA berkomitmen untuk Menjadi Lebih Baik melalui tiga pilarnya yaitu Belajar Lebih Baik, Melayani Lebih Baik, dan Memberi Lebih Baik. Aksi berbagi buku untuk Indonesia ini merupakan perwujudan komitmen BCA untuk Memberi Lebih Baik kepada masyarakat dengan harapan dapat berkontribusi meningkatkan minat baca di berbagai pelosok di Indonesia yang penting dalam menciptakan generasi muda yang cerdas, berkualitas, dan berakhlak mulia.

Bapak frengky juga menambahkan kalau selain di Makassar, BCA juga sebelumnya telah mengadakan Aksi Berbagi #BukuUntukIndonesia di Lampung pada tanggal 21 Juli yang lalu. Aksi Berbagi ini juga akan serempak diadakan di 3 kota dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional pada tanggal 25 juli 2017. Ketiga kota tersebut adalah Garut mewakili Jawa, Manado mewakili Sulawesi, dan Kupang mewakili Indonesia Bagian Timur.

Para pembicara di talkshow

Kemudian penyerahan akan dilanjutkan di Aceh mewakili Sumatera dan Singkawang mewakili Kalimantan. Selanjutnya buku-buku akan didistribusikan ke sekolah-sekolah lain di berbagai daerah di Indonesia. BCA akan membagikan kepada 104 sekolah penerima donasi di 60 titik di Indonesia. 60 titik tersebut sesuai dengan usia BCA yang ke 60.

Lebih lanjut, Bapak Frengky berharap kalau Aksi Berbagi ini dapat berkontribusi positif dan menjadi pengingat kita semua akan pentingnya akses buku yang luas bagi tunas-tunas bangsa sebagai aset berharga dalam menggapai harapan dan cita-cita.

Gerakan Berbagi #BukuUntukIndonesia yang diluncurkan pada bulan maret 2017 ternyata berhasil mengundang partisipasi masyarakat yang tinggi. Cukup dengan berdonasi sebesar Rp 100.000 per paket maka kita telah membantu untuk meningkatkan minat baca anak Indonesia. Paket donasi tersebut kemudian dikonversi menjadi buku dan disalurkan ke beberapa daerah di Indonesia.

Periode I penggalangan dana donasi yang berlangsung dari tanggal 15 Maret hingga 14 Juni 2017 berhasil mengumpulkan lebih dari Rp1miliar. Dan kita patut berbangga karena Makassar merupakan salah satu kota yang terbesar dalam pengumpulan donasinya. Yeaaay…EWAKO Makassar

Wefie dulu bersama dengan mas Andy F. Noya

Menjawab animo masyarakat yang tinggi, periode II gerakan berbagi #BukuUntukIndonesia akan berlanjut hingga akhir tahun 2017. Buat teman-teman yang ingin berpartisipasi dalam gerakan ini, caranya simpel banget. Teman-teman cukup kunjungi laman www.bukuuntukindonesia.com atau www.blibli.com trus search “berbagi buku untuk Indonesia” atau kalau mau simpel bisa juga langsung klik

https://www.blibli.com/bca-paket-berbagi-buku-untuk-indonesia-BCA.44805.00018.html

Disana kamu bisa memilih paket donasi yang ingin kamu sumbangkan. Mulai dari Rp 100.000 dengan kelipatan Rp 50.000 . Sebagai bentuk apresiasi karena kita telah berdonasi, kita akan mendapatkan sebuah Tshirt special dari BCA. So, tunggu apalagi…Yuuk kita bantu untuk meningkatkan minat baca pada anak Indonesia

L O V E

 

 

 

 

 

 

 

35 Comments

  1. Ruth Nina

    September 2, 2017 at 10:47 pm

    Wah seru ya. Iya nih, sekarang minat baca anak berkurang, biasanya karena gadget. Anak saya masih baca buku sih karena diwajibkan sekolahan.

  2. Winarni

    August 31, 2017 at 10:00 pm

    Salut dengan BCA dengan programnya ini. Sebenarnya banyak yang minat baca, tapi terbatas fasilitas.

  3. Eryvia Maronie

    August 31, 2017 at 5:53 am

    Keren ya programnya 👍 mencerdaskan.kehiduoan bangsa lewat buku.
    BCA memang selalu inovatif!

  4. Daeng Ipuld

    August 30, 2017 at 10:32 pm

    ternyata bang Andy itu duta buku ya?
    saya hanya tahunya Najwa Shihab sebagai duta baca hihihi

  5. Nanie

    August 30, 2017 at 10:20 pm

    Quote favoritku yg dari JK Rowling 😍 Banyak keajaiban yg saya rasakan dengan baca buku 🙂 semoga sukses BCA dengan program berbagi bukunya

  6. Nurfalina lina

    August 30, 2017 at 2:20 pm

    tabungan pertamaku BCa love at 1st sigh *apaansihhhh* *gakpenting*

  7. Sie-thi Nurjanah

    August 28, 2017 at 1:18 am

    Terlebih ketika dunia gadget menyerang, sudah semakiiiin jarang bgt org baca2 buku. Perpustakaan juga sepi peminat

  8. retno

    August 27, 2017 at 8:04 am

    Anak anakku juga langsung jatuh cinta sama buku buku Enid Blyton…
    Semiga makin banyak perusahaan yang punya kepedulian seperti ini…. Sehingga membaca buku bisa menjadi habit bagi anak anak…

  9. Rinrin Irma

    August 25, 2017 at 11:33 am

    Waaah… acaranya keren banget. Pengen deh kotaku bisa kebagian berbagi buku seperti ini. Anak2 di sekolah udah mulai rajin baca, tapi koleksi bukunya terbatas nih

  10. Liswanti Pertiwi

    August 22, 2017 at 10:34 pm

    Acaranya keren neh. Program BCA memang mantep neh. dengan berbagi buku untuk Indonesia. Semoga semakin banyak lagi anak bangsa yang gemar membaca.

    1. Lia Djabir

      August 23, 2017 at 6:29 pm

      amiiiiin yra

  11. Hidayah Sulistyowati

    August 22, 2017 at 8:12 pm

    Keren acaranya, jadi ngiri dengan ketiga kota ini. Dan setuju juga sama bang Andi, kalo pengen anak2 cinta baca mesti sejak kecil didengakan dongeng atau membaca buku.

  12. yati09

    August 21, 2017 at 11:47 pm

    Wah, wah, waaah, baca ini bunda jadi malu sendiri nih. Kenapa? Karena bunda tuh koq semangat bacanya semakin hari semakin berkurang. Apa karena faktor X, ya (umur dan mata, qiqiqi…#carialasan). Tapi karena bunda suka menulis, jadi ya harus dipecut semangat baca bunda. Kalo gak gimana kita bisa menambah kosakata yang akan sangat banyak kita dapatkan dari hasil membaca. Semoga bunda akan tambah semangat.

  13. Mugniar

    August 21, 2017 at 10:14 pm

    Malory Towers … saya juga dulu baca itu 🙂

  14. rani yulianty

    August 21, 2017 at 5:39 pm

    acaranya seru banget ya,bermanfaat juga

  15. Hidayah Sulistyowati

    August 21, 2017 at 3:43 pm

    Wah keren acaranya ya, aku juga koleksi buku2 itu, suka dengan kisah seru dan jahilnya

  16. andreas

    August 21, 2017 at 9:41 am

    acaranya seru banget acaranya…

  17. ameliatanti

    August 21, 2017 at 8:28 am

    Untuuung aku sekeluarga pecinta baca buku, kadang malah pusing buat mengakalin gimana caranya beli buku setiap saat hew hweewwwww

  18. ameliatanti

    August 21, 2017 at 8:23 am

    Menumbuhkan minat baca sebenernya pekerjaan mudah yang susah dipraktekkan hahahahah… secara, mending baca wattpad – atau kindle (jadi kesimpulannya tetap baca di gadget 🙁 )

  19. rainhanifa

    August 20, 2017 at 12:31 am

    Keren nih programnya, yakin deh banyak anak-anak dengan minat baca tinggi tapi belum mendapat akses buku berkualitas 🙂

  20. NgeFood

    August 19, 2017 at 10:05 pm

    karenanya acaranya asyik banget…kalo ada lagi, saya mau ikut.
    mantap….

  21. Awin

    August 19, 2017 at 2:46 pm

    Keren banget acaranya mbak!

  22. Ika Puspitasari

    August 19, 2017 at 9:09 am

    Iya ya..ternyata minat baca masyarakat Indonesia kurang. Tapi sekarang banyak juga anak-anak muda yg berinisiatif bikin kayak perpustakaan keliling di taman kota. Semoga dengan dibagikannya buku-buku ini jadi menarik minat masyarakat untuk gemar membaca ya mbak Lia

  23. Kanianingsih

    August 19, 2017 at 2:59 am

    Makasih diingatkan untuk bacain buku ke anak. Sekarang jarang karena keburu ngantuk kalau mau bacain buku ke anak sebelum.tidur

  24. Ransel Usang

    August 17, 2017 at 8:20 pm

    Seru banget acaranya kak, apalagi bisa ketemu sama om Andy hehe

    1. Lia Djabir

      August 18, 2017 at 1:37 am

      Itu yang paling seru mas…ketemu ama mas Andynya. secara biasanya lihat di tipi aja hehehe

  25. Zilqiah angrainj

    August 16, 2017 at 12:37 am

    Serunya gang sayangnya gak bisa hadir, btw BCA memang hitss , pantesan ya karena selalu berinovasi dengan misi sosial kemasyarakatannya. Pantesan aja olshop2 banyakan pakai BCA #eh 🙈😂😂

    1. liadjabir2

      August 17, 2017 at 9:57 am

      bener banget…olshop banyak bgt yg pake BCA #ehh

  26. Ndy Pada

    August 15, 2017 at 9:05 pm

    Buku sebagai jendela dunia, adalah hak semua anak Indonesia untuk menjelajahinya. Menjadi tugas kita semua untuk terus memupuk semangat baca mereka 🙂

    1. liadjabir2

      August 17, 2017 at 10:05 am

      yup…bener banget. tugas generasi sekarang yang harus memupuk semangat itu

  27. Sandra Nova

    August 15, 2017 at 10:21 am

    Sebetulnya minat baca anak-anak Indonesia itu tinggi banget.. tapi kadang terbentur biaya dan ketidaktersediaan. Inget dulu waktu baksos di Belitung, bawain buku buat anak2 sekolah, mereka happy banget dan kelihatan berbinar-binar liat buku2 yang kami bawa..
    Semoga program seperti ini banyak ditiru perusahaan lain, jadi anak2 Indonesia gemar membaca & tambah pinter2 🙂

    1. liadjabir2

      August 17, 2017 at 10:13 am

      sedih yaa kalau mereka jadi gak bisa baca karena biaya. semoga aja seperti kata maksan, perusahaan lain bisa buat program yang sama

  28. Alfu laila

    August 14, 2017 at 8:44 pm

    Keren banget acaranya.. Fun-nya dapat, berkahnya Insya Allah dapat juga.. :))

    1. Lia Djabir

      August 17, 2017 at 10:16 am

      amin yra

Makasi sudah membaca dan memberikan komen di tulisan saya. It means a lot to me biar makin semangat nulis. Please bantu share tulisan ini, siapatau tulisan ini bermanfaat untuk orang lain yang membutuhkannya.

%d bloggers like this: