8 Tips berkunjung ke Festival International F8 Makassar

Aga Kareba ?? sudah mi ki ke Festival F8 Makassar? Kalo belum, baca mi ki dulu tips untuk berkunjung ke sana J

Karena mau nulis tentang kota Makassar tercinta, nda papa sa nulisnya di campur pake bahasa dan logat Makassar yaa. Kalo nda mengertiki, bisaki tanya di kolom komentar 😀

Jadi ceritanya nih…Kota Makassar sedang mengadakan festival international yang bertajuk “Makassar Festival Eight Festival and Forum 2017” atau yang lebih dikenal dengan Festival F8 Makassar. Festival ini diadakan dari tanggal 6-10 september 2017. Kenapa sih disebut dengan F8 Makassar? Semua itu karena ada 8 tema festival yang digunakan. Tema-tema tersebut adalah

  1. Fashion :

Tema fashion menghadirkan fashion show yang diisi oleh perancang lokal dan juga nasional. Fashion show diadakan setiap hari sebanyak 2x sehari di jam 5 sore dan jam 8 malam.

fashion show f8
Fashion Show oleh Appi Sayuti. Designer dari Makassar 

2. Film

Tema film akan menayangkan film-film dari Sineas kota Makassar, kota-kota lainnya dan juga dari luar negeri. Yang serunya karena pemutaran filmnya di open air cinema atau ala-ala layar tancap. Kita jadi bisa menikmati udara laut sambil menonton film yang ditayangkan.

  1. Food and Fruit :

Masih ingat gelar pantai losari yaitu meja makan terpanjang? Di festival ini, kita bisa merasakan suasana itu lagi. Tapi kali ini, kita bisa menikmati fine dining dengan suasana pantai Losari yang romantis. Ada banyak pilihan makanan dan minuman yang bisa dipilih.

  1. Fiction writers and Font

Tema fiction writers and Font di F8 Makassar berisi pembacaan puisi, dongeng, lomba menulis surat untuk Makassar dan masih banyak lagi.

f8 makassar
Booth dari negara lain
  1. Fine Arts

Tema Fine Arts berisi kegiatan yang berhubungan dengan seni seperti lomba melukis, melukis bersama dengan masyarakat kota Makassar, pembuatan mural dan masih banyak lainnya

  1. Folks

Tema Folks akan mengeksplorasi sejarah dan budaya Bugis Makassar. Kita bisa menyaksikan tarian tradisional dan juga modern.

  1. Fusion Music

Fusion musik merupakan percampuran berbagai genre music. Tema ini diisi tidak hanya oleh penyanyi lokal tetapi juga penyanyi nasional dan manca Negara. Akan ada nama-nama top seperti Daniel Sahuleka, Yovie n Nuno dan masih banyak lagi.

  1. Flora and Fauna

Flora dan Fauna menampilkan koleksi terrarium dengan berbagai tema, Kita juga bisa melihat burung macau dan menikmati suasana taman yang cantik.

flora n fauna f8
Terarium di Tema Flora n Fauna. Pic by k Novie

Itulah ke 8 tema yang ada di Festival F8 Makassar 2017. Acaranya sendiri diadakan di sepanjang pantai Losari. Mulai dari anjungan yang berisi patung-patung pahlawan hingga ke anjunga toraja.

Karena luasnya tempat pelaksanaan Festival F8 sehingga kita butuh trik tersendiri saat menghadirinya. Tentunya, kita gak mau kalau kedatangan kita menjadi tidak efektif.

Oleh karena itu, saya mau bagi tips untuk teman-teman yang hendak menghadiri Festival F8 Makassar ini.

Tipsnya :

  1. Tentukan dulu kenapa kamu ingin datang ke festival F8 Makassar. Apakah ingin melihat pengisi acara, hanya ingin melihat suasananya atau yang lainnya. Jika kamu ingin melihat pengisi acara, cek jadwal harian yang di posting oleh pihak panitia di instagram @F8makassar . Dari jadwal tersebut, kamu bisa tau kapan pengisi acara akan tampil. Gak lucukan kalau kamu mau melihat Daniel Sahuleka tapi salah info waktunya.
  2. Menurut saya, jika kamu hanya ingin menikmati atau melihat-lihat suasana Festival F8 Makassar , waktu terbaik untuk datang yaitu sesudah jam 4 sore. Saat itu, udaranya sudah tidak terlalu panas dan gerah. Sehingga kita lebih bisa menikmati suasananya. Selain itu, kita tentunya bisa menikmati

    f8 makassar
    Suasana di F8
  3. Sebaiknya datang dengan menggunakan transportasi umum seperti taxi, taxi online atau pete-pete. Walaupun pihak panitia sudah menyediakan lahan parkir tapi tidak mudah untuk menemukan tempat parkir karena banyaknya pengunjung. Selain itu, letak pintu masuk dan keluar cukup jauh dari parkiran.
  4. Gunakan baju dan sepatu yang nyaman. Cuaca yang cukup panas ditambah padatnya pengunjung tentu akan membuat udara menjadi semakin gerah. Sebaiknya memakai baju yang nyaman dan menyerap keringat. Jangan lupa pakai deodorant yaa biar tetap percaya diri walaupun berkeringat #ehh #bukaniklandeodoran
  5. Ada 2 pintu masuk ke dalam Festival F8 Makassar. Yang pertama yaitu di dekat RS Siloam dan yang kedua ada di dekat anjungan Toraja.

    layout f8
    Layout F8
  6. Setiap tema mempunyai tempat yang berbeda-beda sehingga ada baiknya kamu perhatikan layout lokasi acara agar tidak kebingungan mencari letak tempat yang kamu inginkan.
  7. Saat kamu lelah atau ingin menikmati sunset sambil duduk santai, kamu bisa datang ke bagian Tema Food. Letaknya ada di antara Pintu Masuk di Metro Tanjung Bunga dan Masjid terapung. Saya memilih untuk mencoba makanan di booth Hotel Myko. Maklum aja, saya penasaran dengan taste makanannya yang katanya enak. Seorang teman saya yaitu Inart merekomendasikan makanan-makanan hotel Myko. Menurutnya. Makanan dari hotel Myko adalah salah satu yang terbaik. Dan ternyata teman saya itu benar. Sate sapi yang saya coba benar-benar bumbunya meresap ke dalam daging. Rasanyapun tidak seperti sate daging biasa. Jibran sampai ketagihan minta lagi. Es anging mammirinya juga super yummy. Percampuran rasa asam dan manisnya pas. Cocok banget untuk melepas dahaga di cuaca yang super panas. Saya juga sempat mencoba Lamiennya yang mienya dibuat langsung oleh chefnya. Jadi kita gak perlu khawatir kalau mienya mengandung pengawet.
    hotel myko
    Nyobain sate sapi di hotel Myko
    sate hotel myko
    Ada yang ketagihan makan sate

    hotel myko
    Es anging mammiri hotel myko
  8. Tips yang terakhir yaitu jangan lupa charge HP dan kamera kamu biar kamu bisa ambil foto sebanyak-banyaknya. Ada lomba foto dan video yang diadakan oleh pihak penyelenggara acara Festival F8 Makassar. Hadiahnya asyik banget lohh. Untuk syarat dan ketentuannya, kamu bisa lihat di Instagram resmi dari Festival F8 Makassar.

Nah…itu 8 tips dari saya untuk teman-teman yang hendak menghadiri Festival F8 Makassar. Semoga bermanfaat dan membantu kamu untuk menikmati Festival F8 Makassar.

Jadi kapan kamu berencana hadir di acara Festival F8 Makassar ini? atau teman-teman sudah hadir? tinggalkan komen kamu di bawah yaa

 

 

 

 

14 Comments

  1. Alfu laila

    September 8, 2017 at 3:26 pm

    Kerenn banget kak Lia! Sayang banget blm bisa ke sana.. Huhu

  2. ichajunaedi

    September 8, 2017 at 3:47 pm

    Keren kak..dan ternyata kemarin ada Yovie And Nuno dan sy ketinggalan liat babang dikta :'(

  3. Afat

    September 8, 2017 at 5:14 pm

    Wah.. bagusnya jam 4 sore. Saya malam agak susah jalan.mksh tipsnya k lia

  4. Inra pediatri

    September 8, 2017 at 5:23 pm

    Intinya sih cuma pengen liat Food dan Film nya.. nice info.. kereennnn

  5. Tari Artika

    September 8, 2017 at 5:39 pm

    Waaah udah hari keberapa belum sempat ke F8, keliatan seruu kayaknya. Ketemu2 dsana yukkk

  6. Evhy

    September 8, 2017 at 6:04 pm

    Siaapp. Mantap tipsnya kak.. Yang lain yukk ke F8, ikuti tips dari kak Lia 😊

  7. Afat

    September 8, 2017 at 6:06 pm

    Wah.. baiknya jam 4 yah.. kemarin dtg jam 7 rame sekali.susah gerak

  8. Samurichan

    September 8, 2017 at 7:21 pm

    Pengen kesana kak. Pengen jajan2 sama lihat2 booth fauna.

  9. Ifahifa

    September 8, 2017 at 8:11 pm

    Terima kasih tipsnya, kak. Besok mau ke sana dehh 😍

  10. Winarni

    September 8, 2017 at 10:20 pm

    Belum sempat kesini, dan belum yakin bisa kesana atau tidak. Semoga sempat

  11. Eryvia Maronie

    September 11, 2017 at 9:11 am

    Tipsnya ok banget.
    Semoga tahun depan panitia memikirkan untuk pasang blower di beberapa titik keramaian biar pengunjung gak gerah.

  12. Ria

    September 11, 2017 at 4:50 pm

    mbak sendiri sudah hadir kah? Bagi2 ceritanya dong 🙂

  13. nike

    September 11, 2017 at 5:17 pm

    dari kmrn aku penasaran sama F8 itu mksdnya apa.. pas baca ini jadi tahu.. seru banget ya mak.. sayang jauh di makasar.. klo ada di jakarta jd pengen dateng

  14. Annisa Rizki Sakih

    September 12, 2017 at 7:09 am

    Wah, keren sekali Makassar mengadakan event sebesar dan seramai ini. Seandainya dekat, jadi ingin hadir juga

Makasi sudah mampir dan membaca tulisan saya. Please tinggalkan komen tentang tulisan saya :)