Menikmati liburan bersama anak di Keukenhof, belanda & Tipsnya

“Bunda, Kita mau jalan-jalan kemana hari ini? “

Pagi-pagi…Jibran sudah semangat bertanya. Tak ada sedikitpun rasa jetlag atau capek. Sementara saya masih leyeh-leyeh, setelah kemarin melakukan perjalanan selama 20 jam. 14jam di pesawat dan 6 jam transit di Doha dengan membawa 2 bocah yang gak ada capeknya, membuat badanku lumayan pegal linu *umur gak boong wkwkwk

Hari ini, kami berencana ke Keukenhof yang menjadi tujuan utama di Amsterdam. Kami memang sengaja memilih ke Eropa saat musim semi atau spring agar dapat mengunjungi Keukenhof.

Yang semangat memulai hari

Keukenhof

Keukenhoff yang dikenal juga dengan “Garden of Europe” merupakan kebun bunga tulip terbesar di Eropa. Yang uniknya, Keukenhof hanya bisa dikunjungi selama 2 bulan dari pertengahan maret hingga pertengahan mei. Diluar jadwal tersebut, mereka akan tutup selama 10 bulan untuk mempersiapkan pameran bunga tulip dan bunga-bunga lain untuk tahun selanjutnya.

Pada jaman dahulu kala, Keukenhof merupakan bagian dari sebuah Kastil. Itulah sebabnya diberi nama Keukenhof yang berarti taman dapur, karena dulunya dipakai untuk menanam berbagai macam sayuran dan juga bumbu-bumbu dapur untuk keperluan kastil.

Tak usah khawatir akan sulit mencari kendaraan umum ke Keukenhof. Banyak pilihan kendaraan yang bisa kita gunakan dan salah satunya bus. Bus yang berangkat dari Amsterdam Schipol Airport, Central Amsterdam, dan Leiden Central Station bisa dibeli sepaket dengan tiket masuk ke Keukenhof. Cara ini sangat praktis karena kita bisa membeli online dan tidak perlu mengantri panjang saat hendak masuk ke Keukenhof.

Jam Buka

Rencana awal untuk berangkat sepagi mungkin, agar bisa tiba saat buka jam 8pagi, akhirnya gagal. Rasa lelah yang di derita oleh ibu dan ibu mertua saya membuat kami menunda untuk berangkat sepagi mungkin.

Kami akhirnya sampai di Keukenhof jam 10pagi saat orang-orang dan bus-bus tur mulai ramai berdatangan. Beruntung kami sudah membeli tiket sepaket dengan bus sehingga tidak perlu mengantri panjang untuk membeli tiket masuk.

Disambut oleh hamparan tulip

Hamparan bunga tulip berwarna warni langsung menyambut kami saat memasuki pintu gerbang. Saat itu juga, perasaan lelah yang masih ada langsung hilang seketika.

Almira dan Jibran langsung lari begitu melihat taman yang supeeer luas. Mereka sangat gembira karena bisa bebas berlarian. Sementara saya dan paksu sibuk mengejar Almi dan Jibran, Ibu dan ibu mertua juga sibuk mengeluarkan hp untuk foto-foto #gakmaukalaheksissamaanakjamannow hehhehe

Bunga berwarna warni membuat Almira dan Jibran semangat bereksplorasi. Semua warna bunga yang dilewati akan mereka sebut satu persatu. Selain itu, mereka sibuk mengecek dan mencium berbagai macam bunga yang ada. Segala permainan yang disediakan juga tak luput dari rasa ingin tau mereka

Tak hanya mereka yang semangat, para orang dewasapun sangat excited melihat kecantikan bunga-bunga ini. Karena…Tak hanya bunga tulip berwarna warni yang ada tetapi berbagai macam bunga lainnya juga ada. Rasanya, waktu beberapa jam tak cukup untuk mengelilingi taman bunga ini.

Setelah lelah berjalan-jalan, kami memutuskan untuk piknik di tempat yang telah disediakan. Disaat orang-orang bule membuka bekal roti, kami membuka bekal nasi dan rendang. Yapp..itulah serunya pergi bersama keluarga karena bisa sambil piknik. Apalagi ibu mertua saya tipe orang yang tidak bisa kalau tidak makan nasi. Jadi kami khusus membawa rice cooker dan berbagai makanan kering sebagai bekal.

Bebas Khawatir

Tak terasa, sudah 6 jam kami di Keukenhof tapi belum semua tempat bisa kami eksplore. Ingin rasanya masih tinggal menikmati taman tersebut tapi anak-anak dan orang tua saya sudah lelah sehingga kami memutuskan untuk pulang.

Sekembali dari Keukenhof, celana Almira dan Jibran sudah penuh dengan noda tanah. Gimana tidak…mereka cuek aja duduk di tanah dan jongkok untuk mencium dan memeriksa berbagai macam bunga yang ada.

Untungnya, saya selalu membawa sabun cuci sleek baby travel wash. Kemasannya yang tube berukuran 100ml sangat pas untuk dibawa travelling. Bentuknya juga konsentrat sehingga tidak mudah bocor dan terkena baju-baju yang lain.

Setiap bunga diperiksa dan dicium

Sleek baby travel wash terbuat dari natural plant extract, paraben free sehingga tidak hanya bagus untuk pakaian anak-anak tapi juga bagus untuk pakaian dalam dewasa.

Membawa detergen Sleek baby travel wash membantu saya untuk menghemat bawaan. Kebayangkan, harus travelling dengan 2 anak toddler dan 2 lansia berusia 65 tahun? Barang-barang harus seminim mungkin.

Selama 2minggu berpergian ke Eropa, saya gak perlu membawa baju yang banyak untuk Almi dan Jibran. Cukup mencuci baju-baju mereka dengan Sleek baby travel wash dan mereka bisa menggunakan baju itu kembali dan formulanya pasti anti iritasi

gak perlu lagi bawa koper bejibun

Baca juga: Bermain salu di Mount Titlis atau Jungfraujoch

Tips di Keukenhof

Oh iyaa…untuk teman-teman yang berniat ke Keunkenhof baik sendiri maupun membawa anak, mungkin tips dari saya bisa membantu. Beberapa tips untuk Keukenhof :

  1. Waktu terbaik untuk mengunjungi Keukenhof yaitu awal april hingga pertengahan. Biasanya, semua bunga tulip dan jenis-jenis bunga lainnya sedang mekar-mekarnya.
  2. Cek kondisi cuaca sebelum teman-teman berangkat agar bisa mengetahui apakah akan hujan atau tidak
  3. Beli tiket masuk secara online agar menghemat waktumu dan kamu gak perlu antri
  4. Datanglah sepagi mungkin saat baru buka atau tinggallah sesore mungkin hingga sudah mau tutup jika teman-teman ingin suasana yang lebih sepi.
  5. Tak perlu menggunakan Jaket/Coat yang tebal. Yang lebih penting adalah menggunakan jaket atau coat yang anti angin/windproof karena anginnya lebih membuat menggigil daripada udaranya
  6. Sediakan waktu sebanyak mungkin atau minimal 6jam agar anda bisa puas mengelilingi seluruh taman dan tentunya puas foto-foto hehehe
  7. Ingatlah untuk mengambil map yang sudah disediakan agar anda bisa lebih mudah mengeksplorasi taman seluas 32hektar ini
  8. Taman keukenhof sangat stroller friendly sehingga kita tidak perlu khawatir akan repot mendorong stroller saat si kecil tidur ataupun lelah berjalan
  9. Ingat untuk mengunjungi pameran-pameran yang ada karena setiap tahunnya akan berbeda-beda temanya

Tips tambahan untuk teman-teman yaitu Jika perut kamu gak biasa makan roti-rotian, sebaiknya bawa bekal sendiri sehingga kamu gak bakalan kelaparan. Maklum aja, udaranya cukup dingin jadi bawaannya laper mulu. Bawa juga cemilan untuk anak-anak biar mereka tidak mudah cranky karena kelaparan.

Kesan-kesan

Sejujurnya…Liburan ke Keukenhof bersama anak-anak membawa pengalaman tersendiri untuk saya dan mereka. Biasanya bisa seharian jalan tapi sekarang, Saya dan suami harus memperhatikan kondisi anak-anak dan tidak bisa memaksakan rencana perjalanan.

Oleh karena itu, rencanakan perjalanan teman-teman sebaik mungkin saat hendak berlibur dengan anak. Selain itu, siapkan rencana cadangan jika kondisi anak tidak memungkinkan mengikuti rencana awal.

Selamat merencankan liburan dan have fun

Keukenhof Holland

Bezoekadres

Stationsweg 166A

2161 AM Lisse, Netherland

Ticket : Adult 18EU/ Adult online 17EU

Kids (4-7yo) 8EU

88 Comments

  1. Ria Rochma

    April 18, 2019 at 12:08 pm

    MasyaAllah.. cantik-cantik sekali bunganya. yang mana kebanyakan hanya bisa dilihat yang nggak asli di pasar..
    pasti senang ya mbak ke sana sama keluarga gitu.

  2. lendyagasshi

    April 18, 2019 at 12:08 am

    MashaAllah~
    Tenryata bunda Tulip pun ada macam-macam yaa..
    Dan semua tumbuh subur di tanah Keukenhof.
    Kalau bibitnya di bawa ke Indonesia, bisa tumbuh secantik itukah?

  3. indah nuria Savitri

    April 17, 2019 at 11:47 pm

    Jadi inget main ke sini tahun 2004, waktu kursus di Clingendaal :).. udah lama bangeet ya! Love the black and dark purple tulips there

  4. Liswanti

    April 17, 2019 at 11:09 pm

    Subhanallah indah banget itu mba bunga-bunganya, jadi pengen ke situ mba.

  5. Dedew

    April 17, 2019 at 9:33 pm

    Masya Allah, cantiknya yaa kebun tulip, mupeng sangat lihatnyaaa..

  6. Aswinda Utari

    April 17, 2019 at 6:04 pm

    Cakep banget mba bunga tulipnya. Selalu penasaran sama bunga ini. Pengen pegang langsung. Huhu. Smg bs ada rejeki ya kesini jg. Keren abis mba tempatnya. Btw, aku jg sk pake sleek.

  7. niaharyanto

    April 17, 2019 at 2:32 pm

    Cantik banget ya itu kebun tulip. Warna-warnanya banyak ternyata. Duh, kepengen deh kesampaian main lihat kebun bunga tulip menghampar kayak gitu. Indaaaaah. Aamiin 😀

  8. Eni Martini

    April 17, 2019 at 9:45 am

    Masyaallah ndahnya bunga-bunga itu, kapan kiranya aku bisa ke sana, hehehe. Senang ya mba bisa travelling bersama keluarga ke negeri yang indah

  9. Intan N. Kamala Sari (@Inokari_)

    April 16, 2019 at 9:05 pm

    Wah cantik banget ya mba. Tulipnya warna warni. Segar banget lihatnya. Semoga someday bisa main ke sini 🙂

  10. Yati Rachmat

    April 16, 2019 at 4:31 pm

    Luar biasaaa indahnya itu bunga2 tulip, seperti hamparan permadani ya. Ternyata bunga tulip itu beragam macam warnanya. Cuma berani bermimpi aja ke Keukenhoft ini.

  11. Nathalia DP

    April 16, 2019 at 4:27 pm

    Aih, cantik2 banget ya bunganya… Kebayang luas banget sampai 6 jam pun belum semua tereksplor… Semog kapan2 saya jg main ke sana…

  12. Mugniar

    April 16, 2019 at 3:22 pm

    Masya Allah, cantiknya bunga-bunga itu. Keukenhof ini memang tempat yang harus didatangi ya di Belanda.

  13. fainun

    April 16, 2019 at 2:46 pm

    Indah sekali bunga tulipnya… Area yangbluas dan bikin betah walau udah dikelilingi rasanya masih kurang aja

  14. Diar Ronayu

    April 16, 2019 at 1:00 pm

    Teteep terpesona sama bunganya yang cantik – cantik. Kebayang gimana segernya kalau lagi disanaa 😍

  15. widyanti yuliandari

    April 16, 2019 at 10:23 am

    Huwaaa….indahnya. Aku lihat postingan beberapa kawan ttg destinasi ini. Jadi mupeng abissss. Semoga suatu saat bisa ke sana.

  16. Travlingku

    April 16, 2019 at 8:46 am

    Hamparan taman bunganya luas banget ya, Mbak.. Kalau saya yang di situ juga enggak peduli baju kotor apa enggak, pasti mencium bunga-bunga itu..

    Hmm, konsisten banget mereka ya, sampai tutup 10 bulan untuk persiapan festival. Bulan April ini memang cocok ya buat liburan di Keukenhof, Belanda..

  17. Travlingku

    April 16, 2019 at 8:34 am

    Hamparan bunganya sangat luas, saya juga pasti betah juga di situ. Mencium aroma bunga satu per satu. Enggak peduli mau kotor apa enggak, hehehe..

    Konsistensinya itu bagus banget ya, demi festival, mereka menutup taman sampai 10 bulan. Persiapan yang matang banget…

  18. giftalvina

    April 15, 2019 at 4:26 pm

    Bunganya cantik banget Mba..Pengen deh suatu saat bisa kesana sambil bawa keluarga, Tapi kalo sekarang mah nabung dulu kali ya.
    Kalo bepergian dengan bocah memang perlengkapan harus komplit plit, detergen juga ngga boleh ketinggalan. Detergen sleek ini sepertinya lebih ringkes ya karena bentuknya tube dan kecil. Jadi tinggal dimasukkin tas aja tanpa takut tumpah atau berat.

  19. Cindy Vania

    April 15, 2019 at 1:27 pm

    Cantik banget yaaa Keukenhof ini. Anak2 juga pasti happy ya kalau di ruangan terbuka gitu.
    Sleek emang andalan sih buat dibawa pergi, travel sizenya menolong banget

  20. kanianingsih

    April 15, 2019 at 12:45 pm

    cantik-cantik bunganya…jadi pengen juga kesana..btw, Sleeknya ikut banget ya mba kemasannya jadi bisa dibawa kemana-mana..nanti mudik lembaran harus nih bawa sleek juga secara saya punya baby

  21. Lidya

    February 9, 2019 at 9:47 pm

    Memang harus direncanakan ya mbak kalau mau ke Keukenhoff, sayang kalau datangnya salahmusim gak bisa mengunjungi Garden of Europe. Bunga-bunganya pas mekar jadinya ya cantik-cantik.
    Seru ya jalan-jalan bareng keluarga kaya gitu

  22. Ainhy Edelweiss

    February 9, 2019 at 1:35 pm

    Stunning banget lihat foto-foto bunga tulipnya, ya ampun mba beruntung banget si bisa ke sana 😊😊 i wish someday bisa ke negeri Tulip juga, amiinnn

  23. Lusi

    February 9, 2019 at 12:54 am

    Yang sangat aku kagumi dari negara2 maju itu adalah mereka sangat menghargai proses dan originalitas. Makanya cuma buka 2 bulan setelah persiapan lama banget 10 itu biasa saja untuk menghasilkan taman yang istimewa. Di dekat Jogja sini ada yg namanya taman bunga matahari yg tentusaja tidak sepanjang tahun berbunga. Sekarang bunga2 itu diganti dengan kincir angin plastik warna warni kecil2 seperti mainan anak2 karena pengelola tak sabar menunggu proses untuk menghasilkan uang. Pengunjung juga oke saja yang penting bisa buat foto2 🙁

  24. hidayahsulistyowati

    February 8, 2019 at 10:42 pm

    Masya Allah, saya cuma melihat fotonya aja udah terpesona. Apalagi kalo melihat langsung, bisa seharian di Keukenhof. Semoga ada rejeki usia, kesehatan, dan harta untuk menjelajahi negri Belanda

  25. helenamantra

    February 8, 2019 at 6:25 pm

    wow, liburan keluarga seru! eh mbak, wajib hukumnya bawa stroller meski anak udah gede ya? trus strollernya ditaruh di mana kalau melewati kebun bunga yang penuh tanah?

  26. Andiyani Achmad

    February 8, 2019 at 5:39 pm

    Mashaa Allah Tabarakallah mba, indah sekali ya ciptaan Allah SWT. Semoga aku juga dikasih kesempatan buat bisa melihat keindahan seperti ini. aamiin

  27. Jalan-Jalan KeNai

    February 8, 2019 at 3:36 pm

    Masya Allah! Cantik banget bunga-bunga tulipnya. Pemandangan kayak begitu memamng bikin betah

  28. Evi

    February 8, 2019 at 2:47 pm

    Ini destinasi impian saya di Belanda. Sejak kecil sudah baca tentang kebun tulip ini tapi belum sampai juga ke sini. Jadi kunjungan terbaik awal April ya mbak. Noted . Duh lihat bunga-bunganya bikin hati saya mekar juga 😁

  29. zaki

    February 8, 2019 at 1:18 pm

    rasanya seneng banget bisa ngajak jalan2 ortu dan mertua ke luar negri. Semoga saya juga bisa seperti mbak.

  30. Eka Fikry

    February 8, 2019 at 12:17 pm

    bunga-bunga itu emang indah dan syantik, apalagi kalau jumlahnya banyak. Maka itu saya suka bunga, hehehe…. Dan bekal mbak Lia, tetep ya, nasi dan rendang walau berada di luar negeri, hehehe

  31. Diar Ronayu

    February 8, 2019 at 11:37 am

    Wah, seger banget ya mbak di Keukenhof, bunganya cantik warna – warni.. Kayanya betah banget nih seharian piknik disini sambil gelar tiker dan bawa makanan yang banyak 😀

  32. niee

    February 8, 2019 at 11:34 am

    wah mbak keren banget ya keunkenhof itu. Aku pengen banget deh ke belanda dan eropa. Mudah-mudahan bisa kesampaian kesana 😀

  33. naniknara

    February 8, 2019 at 11:03 am

    mupeng lihat kecantikan dan warna warni bunganya.
    Bagus ya mbak manajemennya, menutup lokasi saat bunga tak bermekaran. Jadi mereka nggak cuma memikirkan bisnisnya saja, tapi juga perawatan tanamannya

  34. lianny hendrawati

    February 8, 2019 at 10:46 am

    Aaaah bagus banget pemandangannya, bunganya semua cantik-cantik. Tapi yang terkenal bunga tulip ya mbak. Jadi inget mamaku nih, suka sama bunga-bunga. Kalo liat bunga2 ini pasti seneng banget 😀

  35. nike

    January 31, 2019 at 11:02 am

    baguus bangeet ya taman tulipnya.. mudah2an suatu saat nanti bisa dikasih kesempatan untuk ke belanda buat liat tulip sama pengen bngt ngerasain sepedahan disana..

  36. Hastira

    January 30, 2019 at 4:50 am

    wah kebayang kalau aku di sana , suak banget apalagi dg bunga tulipnya

  37. Mega Savithri

    January 29, 2019 at 5:49 pm

    WAAAAAH..mba..! Nasi + Rendang + kehangatan keluarga + hamparan bunga tulip = SEMPURNA..luv :), dan baru tau ada sleek travel wash ini, menarik bgt mba..:)

  38. herva yulyanti

    January 29, 2019 at 3:22 pm

    Bunga favorit aku tapi aku belum pernah megang hahahah semoga ada rezeki ke keukenhof keren banget y mba😍😍 indah sekali masyaAlloh

    1. herva yulyanti

      February 8, 2019 at 5:27 pm

      mba itu bawa rice cooker yah tp emang kyakui jg ga bisa kalau ga makan nasi 😁

  39. Lia Djabir

    January 27, 2019 at 3:42 pm

    iyaa mereka jaga kualitas banget

  40. Lisna

    January 27, 2019 at 1:52 am

    MashaaAllah salah satu impian bisa ke Belanda. Kemarin rasanya ke Turki bagian Eropa pun nagih walau sebentaran aja, hahaha. Semoga bisa ke Belanda anytime soon, aamiin.

    1. Lia Djabir

      January 27, 2019 at 3:02 pm

      smoga dimudahkan rejekinya mba cantiiik

  41. Maria Soraya

    January 27, 2019 at 12:21 am

    Wahhh iparku sedang kuliah S2 di Belanda. Dia sempat posting foto Keukeunhof. Sayangnya gak ditulis karena dia bukan blogger hehehee membaca tulisan Mak Lia jadi membayangkan ada di sana.

    1. Lia Djabir

      January 27, 2019 at 3:28 pm

      wahh kebayang serunya sekolah s2 disana. bisa sekalian halan2

  42. tamasyaku.com

    January 26, 2019 at 11:29 pm

    waahh membacanya benar2 menikmati foto2nya. Jadi pengin ke Keukenhoft lagi, barang cuma duduk2 sambil menikmati Poffertjes di dalam Keukenhoftnya. Seru dan ngangenin ya mba.

    1. Lia Djabir

      January 27, 2019 at 3:29 pm

      toss mba…sesama penggemar poffertjes

  43. Efi Fitriyyah

    January 26, 2019 at 11:24 pm

    Gara-gara baca Negeri van Oranje, aku jadi pengen banget ke Keukenhof ini. Duh itu Tulipnya cantik-cantik semuanya. Lafff

    1. Lia Djabir

      January 27, 2019 at 3:30 pm

      iaa mba…ampe bingung mau pilih yang mana bunganya krn cantik2

  44. Nyi Penengah

    January 26, 2019 at 11:11 pm

    MasyaAllah bunganya cantiknya dan banyak jenisnya. Liburan yanh sempurna. Aku jadi pengen ajak ibuku ke sini mba, karena beliau suka dengan bunga. Semoga ada rejeki aamiin

    1. Lia Djabir

      January 27, 2019 at 3:31 pm

      amiiin…smoga dimudahkan rejekinya yaa

  45. niaharyanto

    January 26, 2019 at 2:31 pm

    Duh, taman bunganya segede kebon ya. Hehehehe… emang kebon. Aku kayaknya kalo ke sana, gak brenti2 motoin bunga. Cantik-cantiiik

    1. Lia Djabir

      January 27, 2019 at 3:32 pm

      bukan segede kebon lagi mba tapi gedeee bgt ampe butuh seharian untuk bisa foto2 dan jalan2 puas

  46. TIAN LUSTIANA

    January 26, 2019 at 10:44 am

    Masya allah tabarakallah indah banget ya hamparan bunganya

    1. Lia Djabir

      January 27, 2019 at 3:32 pm

      iyaa mba…indah banget

  47. Lusi

    January 26, 2019 at 2:16 am

    Masya Allah cantik dan luas. Semoga saya diberi rejeki bisa sampai sana juga. Aamin. Itu memang tidak ada tempat kuliernya ya?

    1. Lia Djabir

      January 27, 2019 at 3:33 pm

      ada tempat kulinernya tapi untuk muslim dan perut indonesia mungkin gak cocok karena jualnya hanya sandwich gitu

  48. Lusi

    January 26, 2019 at 2:14 am

    Masya Allah cantik sekali dan luas. Semoga saya diberi rejeki hingga bisa kesana juga. Aamiin. Kok nggak melihat tempat kuliner ya? Atau memang tidak ada di sekitar taman?

  49. Lusi

    January 26, 2019 at 2:11 am

    Masya Allah cantik sekali ya tamannya. Luas banget. Semoga saya dberi rejeki bisa jalan2 juga sampai sana. Aamiin. Nggak nampak tempat kulinernya ya mbak? Atau memang tidak ada?

  50. Eryvia Maronie

    January 25, 2019 at 10:29 pm

    Keren banget nih Sleek, sekarang udah ada kemasan khusus buat traveling.

    1. Lia Djabir

      January 27, 2019 at 3:34 pm

      iyaa kak..praktis untuk dibawa2

  51. Andiyani Achmad

    January 25, 2019 at 6:27 pm

    MasyaAllah indah sekali Keukenhof, Belanda! Kalo aku ke sana bisa puas-puasin foto itu hahahha selain buat kenang-kenangan juga buat stock foto feeds IG XD

    1. Lia Djabir

      January 27, 2019 at 3:34 pm

      iyaa mba…sayang ini perginya ama suami and dia paling sebel kalo aku sibuk foto2 X_X

  52. Ucig

    January 25, 2019 at 6:27 pm

    Wah asyiknya.. apalagi sama ibu dan ibu mertua ya mba.. bunganya cakep smua. Anak2 hebat tetap semangat ya meski perjalanan cukup jauh 😍

    1. Lia Djabir

      January 27, 2019 at 3:35 pm

      iyaa mba…sekali2 bawa jalan2 orang tua

  53. Artha Amalia

    January 25, 2019 at 4:48 pm

    Indahnyaaaa. Saya pasti bakal berlama2 kalau bisa ke sini. Foto sama bunga ini itu. Hihi. Norak yaaa. Soalnya bunga2 itu gak ada di Sidoarjo.

    1. Lia Djabir

      January 27, 2019 at 3:36 pm

      hihi aku juga gitu kok mba. pengennya lama2 biar bisa foto2 tapi karena anginnya lumayan kenceng jadinya kasihan juga ortu dan anak2

  54. hikmah.nisa

    January 25, 2019 at 2:49 pm

    Masya Allah mba.. cantik sekali disana yaa.. bunga2nya subhanallah.
    luar biasa.. moga saya berkesempatan liburan kesana juga ya mba.. hehe

    1. Lia Djabir

      January 27, 2019 at 3:36 pm

      amiin…amiin yra

  55. Uniek Kaswarganti

    January 25, 2019 at 2:25 pm

    Kece sekali ya Keukenhof, pengin banget bisa ikutan menikmati kecantikan tulip dan bunga2 lainnya di sana. Baru tau loh kalau Keukenhof hanya buka dua bulan saja setelah itu tutup selama 10 bulan.
    Baiklah, dicatat. Insya Allah klo ada rejeki bisa ke Belanda diijabah bisa menikmati Keukenhof.

    1. Lia Djabir

      January 27, 2019 at 3:37 pm

      iyaa mba karena bunganya hanya bisa tumbuh di musim spring jadinya mereka hanya buka pas musim spring itu aja

  56. diane

    January 25, 2019 at 2:18 pm

    Bunganya cantik2 ya.. seger mata jadinya… Alhmdulillah kalau anak2 juga menikmati setiap liburan yang direncanakan ortu ya..

    1. Lia Djabir

      January 27, 2019 at 3:38 pm

      iyaa…anak2 nya sih excited banget. mungkin karena pengalaman baru

  57. lelakibugis.net

    January 25, 2019 at 1:11 pm

    Kak Lia, apa kabar ta? lama ta tidak ketemu dan bacocer..

    1. Lia Djabir

      January 27, 2019 at 3:39 pm

      kabar baiiik. oppa lebug yg sibuuuk banget. kalau saya sih tinggal ditelpon untuk diajak jumpa2. jadi kapan ini kita jumpa2?

  58. ichajunaedi

    January 25, 2019 at 10:38 am

    Masya Allah cantiknya bunga – bunganya, kapan yah bisa berkunjung kesini juga? Makasih juga sharingnya kak..!

    1. Lia Djabir

      January 27, 2019 at 3:39 pm

      smoga dimudahkan rejekinya yaa

  59. Renibean

    January 24, 2019 at 6:56 pm

    Baca ulasan diatas, jadi tambah penasaran pengen jalan2 ke europe, semoga tahun ini bisa langsung lihat tulips yess 😅

    1. Lia Djabir

      January 27, 2019 at 3:40 pm

      cuss ajakin suami biar bisa jalan2 tanpa diomelin

  60. Astriani

    January 24, 2019 at 6:19 pm

    Maasya Allaah…terimakasih tipsnya kak…kerennya keukenhouf😍😍😍
    Kapan bisa kesini yak😅
    Pasti rasanya g pengen plg Krn lihat bunga2 cantik, yg biasanya cuma lihat bentuk plastiknya…di keukenhouf bisa lihat aslinya😍

    *HarusNabungIni😂

    1. Lia Djabir

      January 27, 2019 at 3:41 pm

      pengennya sih dibawa pulang bibitnya tp sayang gak bisa tumbuh di indo

  61. Ida

    January 24, 2019 at 6:13 pm

    Asyiknya tawwa liburannya Almi dan Jibran. Sebagus itu kak yah detergen Sleek baby travel wash!? Mau rekomendasiinki ke iparku yang punya 2 anak super heboh dan suka main keluar rumah. Makasih kak Lia sharingnya

    1. Lia Djabir

      January 27, 2019 at 3:41 pm

      praktis banget sihh untuk dibawa2

  62. mutia nafiza

    January 24, 2019 at 5:41 pm

    Kapan yah ku bisa kesini juga? Pengennya liat bunga2 yang cantik 😍

    1. Lia Djabir

      January 27, 2019 at 3:42 pm

      smoga dimudahkan rejekinya kesini yaa

  63. Dona

    January 24, 2019 at 5:09 pm

    Makasih kak buat tips2 liburannya.. bisa jdi referensi klo lagi liburan bawa krucil 😄😄

    1. Lia Djabir

      January 27, 2019 at 3:43 pm

      alhamdulillah kalau bermanfaat

  64. Mala

    January 23, 2019 at 8:59 pm

    Hebat ya mereka mau tutup 10 Bulan dan cuma.buka 2 bulan demi menjaga kualitas ppemandangannya spy bunga2nya benar2 oke untuk didatangi.

    1. Lia Djabir

      January 27, 2019 at 3:44 pm

      iyaa mereka jaga kualitas banget

Leave a Reply